August 29, 2012

Agnes Monica dan Inul Daratista Mengeluarkan Jurnal Ilmiah

Inul Daratista dan Agnes Monica selama ini dikenal sebagai artis papan atas Ibu Kota. Namun siapa menyangka jika keduanya ternyata juga mempunyai minat di bidang tulis-menulis jurnal ilmiah. Ya, jurnal ilmiah! Nama Inul dan Agnes sempat tercantum dalam sebuah artikel ilmiah di bidang pertanian.

Artikel berjudul "Mapping Indonesian Paddy Fields Using Multiple-Temporal Satellite Imagery" tersebut muncul dalam African Journal of Agricultural Research, volume 7, nomor 28, halaman 4038-4044, terbit pada 24 Juli 2012. Di artikel itu, nama Agnes dan Inul ditulis sebagai penulis kedua dan ketiga, mendampingi Nono Lee sebagai penulis pertama.

http://ifahisablackjack.files.wordpress.com/2012/01/smile20agnes.jpg


Tepat di bawahnya terdapat nama institusi asal ketiga penulis. Namun, nama institusi yang tercantum juga terbilang aneh, yakni Institute of Dangdut, Jalan Tersesat No. 100, Jakarta 10000, Indonesia, Accepted 22 June 2012. Tulisan ini dikategorikan oleh African Journal of Agricultural Research (AJAR) sebagai Full Length Research Paper.

Tidak jelas benar siapa Nono Lee ini, apakah dia memang benar seorang peneliti bidang pertanian atau bukan. Yang jelas, kemunculan nama Inul dan Agnes cukup menyita perhatian.

Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Endang Sukara mengatakan berita ini sangat mengejutkan, khususnya bagi ilmuwan di seluruh Tanah Air. Bagaimana tidak, selama ini dua artis tersebut diketahui tidak mendalami masalah pertanian.

"Bagaimana bisa dua orang artis yang dikenal memiliki jadwal kegiatan keartisan yang sangat padat dapat memiliki waktu untuk mendalami dan meneliti masalah pertanian di Indonesia tanpa diketahui publik," ujar Endang kepada Tempo, Rabu, 29 Agustus 2012.
http://images.werdyo.com/2011/03/31/monica/agnes-monica-skirt-2.jpg
Artikel yang sempat dimuat di laman http://www.academicjournals.org/ajar tersebut kini sudah tidak dapat diakses. Tampaknya artikel yang menghebohkan dan menjadi bahan perbincangan di forum-forum di dunia maya tersebut sudah ditarik dari sirkulasi.

Tidak hanya nama Inul dan Agnes yang mendadak muncul dalam jurnal ilmiah "tidak lazim" itu. Nama Nono Lee kembali "berduet" dengan peneliti siluman bernama Pejabat Palsu. Keduanya tercantum dalam artikel berjudul "Mapping Indonesian Rice Areas Using Multiple-Temporal Satellite Imagery" yang dimuat dalam Scholarly Journal of Agricultural Science, volume 2, nomor 6, halaman 119-125, terbit Juni 2012.

Alamat lembaga yang tertulis di bawahnya juga cukup unik, yakni Institute of Technology of Medan, Jalan Tersesat No. 100, Medan, Sumatera Utara, 20000, Indonesia. Accepted 13 May, 2012. Tulisan yang dikategorikan sebagai Full Length Research Paper ini masih dapat diakses dan diunduh dari laman http://www.scholarly-journals.com/sjas.











































references by tempo

 
Like us on Facebook