MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

August 29, 2012

Cegah Kanker Dengan Meminum Kopi 6 Cangkir Sehari

Baca Artikel Lainnya


 

Bicara soal kopi, sebagian orang beranggapan minuman yang satu ini banyak sekali manfaatnya. Namun, sebagian lainnya menganggap kebiasaan ini buruk, karena di dalamnya terkandung kafein yang merupakan jenis zat psikoaktif.

Namun, sebuah penelitian baru-baru ini mengindikasikan, menenggak beberapa cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker usus. Penelitian yang digawangi US National Cancer Institute di Rockville Maryland  Amerika Serikat ini melibatkan hampir 490.000 peserta pria dan wanita.

Para responden ini dibagi, mereka yang meminum empat cangkir kopi sehari mengalami penurunan resiko kanker sekitar 15 persen. Responden yang meminum enam atau lebih cangkir kopi bisa lebih kecil risikonya. Mereka mengalami penurunan sampai 40 persen. Sedangkan untuk para peminum teh, resiko penurunan ini tidak tampak.

Selain mencobakan jumlah takaran minuman kopi, para peneliti juga menganalisis pola makan dan kebiasaan minum kopi. Peneliti membandingkan risiko kanker usus antara peminum kopi dan non peminum.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini menunjukkan manfaat terbesar sangat signifikan ketika konsumsi kopi sampai setengah lusin cangkir dalam sehari.

Dr. Euan Paul, Direktur Eksekutif Asosiasi Kopi Inggris mengatakan, temuan ini sangat menggembirakan. Di Inggris, kanker usus sangat mengkhawatirkan. Lebih dari 40.000 pria dan wanita didiagnosa kanker usus setiap tahunnya. Kanker usus diperkirakan terjadi karena diet ketat daging merah dan lemak serta kurang olahraga.

Meski demikian, bagi wanita hamil harus menghindari konsumsi kafein karena dapat menyebabkan komplikasi pada janin. Asupan kafein dari semua sumber makanan dan minuman dapat meningkatkan risiko keguguran.







references by kompas

 
Like us on Facebook