MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

August 31, 2012

Salut ! Guru Indonesia Pencipta 16 Aplikasi Sunda Apple Store Menerima Penghargaan Di Jepang

Baca Artikel Lainnya

Guru Sekolah Indonesia di Tokyo Jepang, Dhany Irfansyah, 33 tahun, pencipta 16 aplikasi alat musik tradisional Sunda di sistem operasi Apple, menjadi salah satu pemenang Anugrah Inovasi Jawa Barat yang diumumkan Senin 27 Agustus 2012 bersamaan dengan perayaan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-67. "Pada prinsipnya, yang saya buat itu mendekati aslinya," kata Dhany di Bandung, Senin, 27 Agustus 2012.

foto

Aplikasi ciptaan Dhany yang bisa diunduh di Apple Store untuk dimainkan lewat iPhone, iPad, teramasuk iPod Touch. Aplikasi itu di antarnaya alat musik kendang, kecapi, karinding, angklung, tarawangsa, karinding, calung, seperangkat gamelan degung, hingga kolintang. Cita-citanya membuat aplikasi untuk memainkan 200 alat musik tradisional sunda.

Angklung misalnya, satu-satunya aplikasi berbayar yang dibuatnya itu, mensimulasikan angklung. Dia memperagakan pada piranti iPad yang dibawanya. Ipad itu disetel dulu, lewat aplikasi kalkulator angklung di program untuk memainkan nada tertentu. Di layar iPad itu muncul gambar angklung berlatar hitam. Ipad itu lalu dipegang bak angklung sebelum digoyangkan.

Makin lama digoyang suara angklung terus terdengar, bak memainkan angklung asli Dengan aplikasi itu, dia mengajarkan memainkan angklung berbarengan mirip permainan angklung yang dipopulerkan Mang Udjo.

Memainkan karinding juga tak kalah unik. Hanya, kata Dhany, lebih enak memainkannya memakai iPhone atau iPod Touch. Caranya, iPhone yang sudah dipasang aplikasi itu, pada bagian pengeras suaranya ditaruh di depan mulut yang membuka rongganya. Layar sentuh iPhone lalu diketuk-ketuk pelan untuk menghasilkan bunyi mirip karinding dengan memanfaatkan rongga mulut pemainnya.

Aplikasi karinding juga menyematkan kontrol nada tinggi dan rendah. Kendati asyik dimainkan di Iphone, aplikasi ini juga bisa dimainkan memakai iPad. "Tapi kalau di iPad (yang ukurannya besar) kebayang mas (kalau menaruhnya di mulut)," katanya.

Perangkat degung bonang juga tak kalah kreatif. Lewat aplikasi itu, pemainnya bisa menyetel deretan gong kecil untuk menghasilkan deretan nada yang diinginkan. Istilahnya, perpindahan surupan degung dari tanga nada Madenda ke Pelog misalnya, tinggal menyusun bonang yang akan diapakai sebelum diketuk lewat layar sentuh.

Dhanny meraih Anugran Inovasi Jawa Barat bersama 12 peserta lainnya. Total anugerah tadi diikuti 201 perserta untuk kategori perorangan dan kelompok. Dhannya meraih Anugrah Inovasi Jawa Barat untuk kategori perorangan Bidang Seni dan Budaya dan berhak mendapat uang tunai Rp 50 juta.







references by tempo

 
Like us on Facebook