August 26, 2012

Tips Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker dan Virus

Dunia peretasan memang sangat sering terjadi mulai dari dulu. Bahkan beberapa situs terkenal juga dilaporkan berhasil rontok oleh serangan peretas. Di bawah ini terdapat beberapa langkah untuk menghindarkan account Facebook dari serangan malware atau peretas.

Seperti yang dilansir Mashable (24/08), dalam satu minggu ini beberapa laporan yang
mayoritas mengatakan bahwa account mereka 'bekerja sendiri' tanpa mereka sadari, seperti menambahkan teman yang tidak diketahui siapa dan dari mana asal usulnya.


Pihak Facebook menjelaskan bahwa sebagian besar penggunanya memakai aplikasi atau fitur Friend All yang akan otomatis menambahkan siapa saja dalam daftar pertemanannya tanpa diketahui sang pemilik account.

Hal tersebut sangatlah berbahaya karena dengan menambahkan siapa saja tanpa sepengetahuan sang pemilik account, bisa jadi sebuah virus yang menyamar atau juga seorang peretas dapat mengambil alih account tersebut.

Untuk itu, Facebook memberikan tips untuk menghindari serangan malware atau peretas.


  • Mengatur kembali tingkat sekuritas account dan mengaktifkan login notifications. Menu ini terletak di bawah panel Account di sebelah kanan atas.
  • Jangan mengakses link yang tidak Anda ketahui walaupun link tersebut berasal dari seseorang yang ada dalam friend list. Tanyakan terlebih dahulu kepada sang pengirim seputar link tersebut.
  • Jangan sembarangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal
  • Apabila Anda menjadi korban penipuan, segera melaporkan ke pihak Facebook agar dapat ditindaklanjuti segera
  • Jangan mengunduh aplikasi atau fitur yang tidak Anda kenali atau ketahui sebelumnya
  • Kunjungi laman Facebook Security untuk mengetahui langkah-langkah lain seputar sekuritas account
Saat ini Facebook telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan antivirus seperti McAfee, Symantec dan banyak lagi. Oleh karenanya, pengguna Facebook dapat memanfaatkan jasa antivirus tersebut untuk menanggulangi serangan malware.

Bagi pengguna Facebook yang accountnya berhasil dilumpuhkan oleh peretas dapat segera mengakses laman Facebook Help Center - Hacked Account untuk penanganan lebih lanjut.





references by merdeka

 
Like us on Facebook