August 26, 2012

Twitter Berteman Dengan Linux Foundation

Layanan microblogging populer, Twitter, menyatakan bergabung dengan Linux Foundation. Perusahaan berlogo burung ini berkomitmen untuk mendukung perangkat lunak open source.

Mengapa Twitter bergabung dengan Linux Foundation? Pertanyaan inilah yang terbesit dalam pikiran para penikmat teknologi. Twitter akan secara resmi berkomitmen untuk mendukung proyek perangkat lunak open source.

Seperti sebagian perusahaan lain, Twitter sangat bergantung dengan perangkat lunak open source sebagai data center dan server hosting yang menggunakan sistem operasi Linux yang dinilai handal.



Linux Foundation sendiri adalah yayasan yang mengumpulkan donasi untuk pengembangan kernel atau inti dari sistem operasi open source Linux yang mengandalkan sponsor dari perusahaan teknologi informasi terkemuka untuk membangun perangkat lunak open source.

Twitter dikabarkan bergabung sebagai silver member dan membayar USD $15.000 untuk mendapatkan hak istimewa. Linux Foundation akan mengumumkan keanggotaan Twitter pada konferensi LinuxCon minggu depan di San Diego.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (25/08/2012), perusahaan microblogging Twitter ini memang masih terhitung baru di dunia open source. Twitter dikabarkan telah menggunakan banyak software open source seperti database MySQL yang dikembangkan sendiri untuk menyimpan tweet.

Tak hanya itu, Twitter juga merupakan sponsor perangkat lunak web server terkenal, ApacheFoundation dan juga bergabung dengan World Wide Web Consortium.

 “Betapa pentingnya Linux untuk menjadi begitu banyak dari tulang punggung perusahaan besar yang pada dasarnya berjalan di Linux dan bekerja untuk membangun infrastruktur mereka hampir sepenuhnya pada perangkat lunak open source,” kata Jim Zemlin, Direktur Eksekutif Linux Foundation.






references by sidomi

 
Like us on Facebook