September 13, 2012

Fakta Unik Seputar Siswa Siswi Saat Menghadapi Ujian Nasional

Tak bisa dipungkiri, pelaksanaan UN menjadi sesuatu yang sangat penting bagi siswa, meskipun hasil ujian tidak sepenuhnya digunakan untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi. Banyak fakta unik seputar Ujian Nasional yang terjadi menjelang pelaksaan UN. Fakta menarik bahkan menjurus ke perilaku lucu tak jarang terjadi akibat kepanikan siswa menghadapi UN.
Berikut ini 8 Fakta unik yang CG temui :





Tips Mencontek menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari di google.co.id

Ketika melihat statistic di blog, CG cukup kaget dengan hasil penelusuran kata kunci yang ada. Kebanyakan pengunjung yang masuk ke blog berasal dari mesin pencari, dengan kata kunci tips aman mencontek saat un,tips membawa hp saat un,agr tidak ketahuan nyontek. Tampaknya ketakutan siswa akan UN membuat siswa mencari segala cara agar bisa mencontek.
Berikut penampakan statistiknya





Isu HP akan mati ketika memasuki gerbang

Ada satu lagi isu yang tidak masuk akal yang beredar di kalangan siswa SMA di Yogyakarta, entah siapa yang menyebarkan isu tersebut. Banyak siswa SMA menerima sms yang menyebutkan bahwa HP akan rusak dan tidak bisa dipakai jika dihidupkan ketika melewati gerbang sekolah, karena sekolah setiapp sekolah sudah memasang alat khusus pendeteksi HP.
Isu yang sangat janggal, mana mungkin sekolah menerapkan system yang baru pertama CG dengar.

Seorang bisa siswa membawa HP lebih dari 2

Masih terkait fakta 1 dan 2, penyalahgunaan HP saat ujian membuat siswa selalu mencari cara agar lolos saat penyitaan HP. Ada beberapa siswa yang membawa HP lebih dari 2, 1 HP dikumpul didepan 1 buat nyontek dan 1 lagi untuk cadangan kalu saja ketahuan dan disita. Penempatannya pun beragam, ada yang menaruh hp di sepatu, dirok,kaos kaki, bahkan pada bra yang mereka kenakan, tujuannya agar tidak ketahuan membawa HP tapi bisa nyontek.

Kartu perdana Opsel laris diserbu Siswa

Imbas dari fakta unik ke 3 adalah larisnya penjualan kartu perdana operator seluler yang dibeli siswa SMA, karena penggunaan Hp banyak dan menuntut SIM barru agar tidak ketahuan. Biasanya setelah ujian sim tersebut tidak dipakai lagi.

Siswa rajin beribadah

Nah ini pasti terjadi juga disekitar anda, banyak hal yang dilakukan siswa agar bisa lulus, salah satu hal yang patut ditiru adalah mendekatkan diri dengan Tuhan. Kalau biasanya siswa ogah-ogahan beribadah 2/3 bulan sebelum ujian nasional siswa menjadi rajin beribadah. Entah nanti setelah pengumuman ujian apa masih rajin atau tidak CG tidak tahu. Paling tidak sikap tersebut adalah cara yang positif ketimbang menghalalkan cara dengan mencontek saat ujian.

Siswa mempersiapkan diri sebaik-baiknya

Ujian Nasional dianggal hajatan paling besar bagi siswa, sehingga dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Bagi yang rajin, bentuk persiapannya dengan meningkatkan intensitas belajar. Les privat setiap hari seminggu sebelum UN (padahal tidak terlalu efektif) sampai-sampai badan drop. Bagi yang malas belajar tentu akan menyiapkan strategi menconteknya dengan segala cara, mencari tips aman membawa hp, tips agar tidak ngblenk saat ujian dan berupaya lolos membawa hp.

Banyak kunci jawapan palsu beredar lewat SMS dan Alat Komunikasi lainnya


Nah, yang perlu diwaspadai oleh siswa yang mencontek mneggunakan HP adalah, adanya jawaban palsu yang beredar melalui sms. Terkadang ada oknum yang sengaja menyebar kunci jawaban palsu agar siswa terjerumus. Jadi ketika anda menerima kunci, pastikan cek kembali jangan sampai tertipu dan berujung tidak lulus.



Itulah beberapa fakta unik seputar ujian nasional 2012 yang terjadi di sekitar CG, masih banyak sebenarnya fakta-fakta yang menarik yang ada di dunia pendidikan kita. Semoga sukses bagi adik-adik yang sedang menjalani ujian nasional
Semoiga bermanfaat




FAKTA UN 2013

Meski dikemas dengan nama yang relatif sama, ternyata ujian nasional tahu 2013 memiliki perbedaan yang mendasar dari tahun-tahun sebelumnya. Apa sajakah yang hal yang menjadi pembeda tersebut, berikut Tribun sajikan beberapa fakta menarik yang berhasil dirangkum terkait UN tahun 2013

1. Ada 20 versi Soal Ujian dan 10 Paket Soal Cadangan Jika terjadi kebocoran
Demi menekan kemungkinan kecurangan antar siswa, pemerintah menerapkan kebijakan untuk menggunakan 20 varian soal pada UN tahun 2013.

2. Soal Berhuruf Braile Satu Varian
Khusus untuk siswa dengan berkebutuhan khusus yaitu tunarungu, pemerintah hanya mengambil satu varian dari 20 soal yang ada.

3. UN SMA/SMK dan Paket C Serentak
Bila sebelumnya waktu pelaksanaan ujian nasional untuk SMA/SMK dilaksanakan terlebih dahulu dibanding paket C. Kali ini ujian tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Senin (15/4). Yang membedakan hanya waktu, SMA/SMK pada pukul 07.30 sedangkan paket C pada pukul 13.30.

4. UN Dimulai Lebih Awal
Pelaksanaan UN tahun 2013 dimulai pukul 7.30 secara serentak seluruh Indonesia, 30 menit lebih awal dibanding tahun sebelumnya.

5. LJUN Satu Paket dengan Soal
Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) tahun 2013 dibuat satu paket dengan soal. Bahkan barcode yang ada di sisi kanan atas LJUN dibuat identik dengan barcode naskah soal yang menghindari siswa bertukar soal.

6. Diikuti Lebih dari 3 Juta Siswa
Tercatat 3.224.179 siswa jenjang menengah atas seluruh Indonesia akan mengikuti ujian nasional tahun 2013. Didominasi oleh siswa SMA sebanyak 1.268.834 siswa, disusul kemudian Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 331.177 siswa, SMK sebanyak 1.131.006 siswa, SMA Luar Biasa 1.189 siswa, 191.917 siswa dari paket C dan 56 siswa dari paket c kejuruan

7. Standar Kelulusan UN Tetap 5,5
Siswa akan dinyatakan lulus UN jika nilai rata-rata dari semua nilai akhir paling rendah 5,5 dan nilai minimal per mata pelajaran yaitu 4,0

8. Lulus UN Jadi Syarat Wajib Ikut SNMPTN
Meski tidak mengalami kenaikan atas nilai akhir UN, siswa tidak boleh menganggap remeh UN. Sebab tahun ini, kelulusan siswa akan menjadi syarat wajib untuk mengikuti SNMPTN tahun 2013

Nah, itu dia fakta seputat UN yang akan dimulai pada Senin (15/4/2013) mendatang bagi siswa SMA. Sudah siapkah kamu?




 7 Fakta tentang contek mencontek siswa/Siswi:

-Siswa putri lebih berani mencontek daripada siswa putra

-Siswa putra lebih senang meminta contekan dari siswa putri dibandingkan mencontek sendiri

-Siswa biasanya mencontek dalam bentuk lembaran kertas yang telah dibuat sebelumnya, secara tidak langsung sebenarnya ia telah belajar dengan mengulang dan meringkas pelajaran yang diberikan. Jadi sama saja ia tidak percaya diri dan tidak yakin pada kemampuannya sendiri.

-Siswa saat membuka contekan akan terlihat sangat sibuk, muka tegang dan berulang kali melihat situasi dan keamanan di sekitarnya.

-Siswa kadang menyimpan contekannya di ponsel, tempat pensil yang begitu besar, di bawah laci, di lipatan rok, di saku bahkan menyelipkannya di bawah lembar jawaban/soal.

-Siswa kadang memberikan kode tertentu pada gurunya jika temannya ada yang mencontek dan berharap sang guru mengetahuinya sendiri tanpa ada siswa yang melapor
Jawaban hasil menyontek akan mudah terlihat oleh guru

Tips Untuk Menghadapi Ujian

 Seringnya waktu belajar menjadi mengerikan karena akan menghadapi ujian. Tapi tidak perlu takut, karena selalu ada tips yang bisa membantumu dalam menghadapi ujian.
Dikutip dari Huffington Post, Sabtu (4/4/2015), berikut ini tips-tips yang bisa dipraktekkan di rumah sebelum menghadapi ujian.
1. Jangan begadang
2. Jangan memulai sesuatu terlalu pagi
3. Jangan ada musik yang mengganggu
4. Temukan alternatif ruangan untuk belajar
5. Bergabunglah bersama kelompok belajar
6. Bermain kartu (bukan berjudi !!) hal ini untuk mengasah daya otak
7. Atur waktu
8. Jangan hanya fokus pada satu materi
9. Ambil waktu untuk istirahat
10. Latihan setiap hari
11. Seimbangkan sarapan dengan nutrisi
12. Tidur yang cukup
13. Hadiri kelas dan berpartisipasi
14. Uji dirimu
15. Luangkan waktu untuk bersantai
16. Jangan bersantai terlalu lama
17. Jangan mengkategorikan dirimu
18. Jangan terlalu stres
19. Jangan berhenti belajar
20. Santai

 

Kamu tau kan kalau menyontek itu tidak boleh? Coba berpikir ke depan, nak. Kamu cari ilmu aja udah pake cara yang nggak berkah. Lantas gimana nasib keluarga kamu, yang kelak kamu beri makan pakai ilmumu ini? Berkah nggak?
~Seorang guru.















references by saling sharin, tribun news, kaskus

 
Like us on Facebook