September 3, 2012

Inilah 10 Bagian Tubuh Yang Awet Muda Atau Tidak Cepat Tua


http://4.bp.blogspot.com/-OD_eyNttfXg/UCnqZzkE77I/AAAAAAAAAGo/4it99R49myw/s1600/2.png
 
Berikut adalah 10 bagian tubuh yang dengan cepat mengalami penurunan fungsi seiring pertambahan usia.

1. Mata
Di usia 40 tahun, Anda akan menyadari bahwa kini lebih sulit bagi mata untuk fokus pada objek yang berjarak dekat. Hal itu karena presbyopia, pengerasan lensa mata. Untuk mengatasinya Anda memerlukan kacamata baca yang sesuai.

2. Telinga

Penurunan kemampuan pendengaran atau presbycusis terjadi karena rambut-rambut kecil di dalam telinga yang membantu pendengaran mengalami kerusakan atau mati. Prosenya berlangsung perlahan-lahan seiring dengan bertambahnya usia.

3. Kulit, terutama di bagian leher

Kerutan di bagian leher bisa menunjukkan usia Anda sebenarnya. Sayangnya, berbagai krim perawatan yang rutin Anda oleskan tak banyak membantu karena leher memiliki kulit yang tipis dan sensitif pada sinar matahari. Otot dan jaringan kulit di sekitar leher juga lebih lemah sehingga kulit leher lebih mudah keriput.

4. Lutut dan paha

Penyakit sendi degenarif dialami sekitar 80 persen orang usia lanjut sehingga bisa memperlambat gerakan Anda.

5. Perubahan metabolisme

Metabolisme Anda, yakni cara Anda mengubah makanan menjadi energi dan kemudian membakar energi itu sebagai kalori, akan melambat. Ini adalah proses alami yang dimulai sekitar usia 30 tahun. Sejak saat itu tubuh Anda membakar energi sekitar 2-4 persen lebih lambat setiap 10 tahun. Makin sedikit kalori dibakar, makin banyak yang disimpan sebagai lemak, sehingga akibatnya berat badan semakin berat.

6. Daya ingat

Penurunan daya ingat karena usia biasanya tidak akan menganggu produktivitas Anda. Barangkali Anda hanya akan sering lupa di mana meletakkan kaca mata atau perlu membuat daftar hal-hal yang perlu dilakukan lebih sering supaya tidak ada yang terlupa.

7. Payudara

Di usia 50 atau 60 tahun, perubahan hormonal akan ikut mengurangi lemak di payudara sehingga "aset" kebanggaan Anda ini akan terlihat mengecil. Penyebab lain adalah berkurangnya elastisitas payudara.

8. Otot pelvis

Otot pelvis adalah otot dan ligamen yang menyangga uterus, kandung kemih, vagina, dan rektum. Semakin tua, makin kendur otot tersebut. Gejalanya antara lain berkurangnya kemampuan menahan kemih. Perlambat kondisi tersebut dengan rutin berlatih kegel.

9. Pencernaan

Perut kembung, sering buang angin, perut panas, mulas, diare, atau sembelit, menjadi sesuatu yang makin sering dialami oleh mereka yang berusia lanjut.

10. Stamina

Banyak orang yang memasuki usia pertengahan mulai sering mengalami letih sehingga berpengaruh pada menurunnya produktivitas. Akan tetapi para ahli berpendapat bahwa menurunnya stamina sebenarnya bukan karena penuaan tapi pertanda bahwa tubuh kita kebanyakan sesuatu atau kekurangan sesuatu. Yang paling sering adalah kerja terlalu banyak, stres, atau tidak cukup istirahat, dan kurang istirahat.






Memang tidak ada aturan yang mengatakan Anda akan tampak tua di usia beberapa puluh tahun. Namun suka atau tidak, tanda-tanda penuaan paling awal akan terlihat melalui fisik.

Proses penuaan adalah hal yang normal, tetapi menjadi tua tidak berarti bahwa kita tak mampu menghindar dari menurunnya kemampuan fisik. Dan juga tidak ada kata terlambat. Riset terbaru menyebutkan, orang berusia 75 tahun yang mengubah hidupnya







 


references by kompas

 
Like us on Facebook