September 5, 2012

Inilah Sejarah Atau Awal Mula Timeline Pada Facebook


Fitur timeline pada Facebook cukup membantu pengguna jejaring sosial itu untuk melihat sejarah status akun selama menggunakan jejaring sosial. Dari fitur ini, pengguna dapat mengetahui telah melakukan apa saja dengan akunnya.

Kini, Anda dapat mempelajari sejarah internet melalui konseptimeline Facebook. Konsep timeline ini dikembangkan oleh Grovo, sebuah perusahaan yang fokus dalam mendidik masyarakat tentang web dan produk mobile. Grovo telah merangkai seluruh sejarah internet sepanjang masa dalam satu fitur timeline Facebook.



Dalam timeline ini, embrio perkembangan internet diawali pada 1536. Tahun ini merupakan untuk pertama kalinya simbol @ diperkenalkan dalam sebuah surat yang ditulis oleh Florentine Merchant. Simbol tersebut nantinya selalu menjadi ciri khas dalam setiap akun jejaring sosial maupun akun email.

Selanjutnya, pada 1960, jaringan penghubung antar komputer pertama kali dikembangkan dengan munculnya ARPANET dan Mark 1. ARPA merupakan upaya riset Departemen Pertahanan Amerika, U.S. tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer, sehingga membentuk jaringan organik.

Setelah jaringan beberapa komputer terkoneksi, pada 1971, Roy Tomlinson mengirim email pertama kalinya antara dua komputer. Pada 1972, ia menyempurnakan program email yang diciptakan, sehingga semakin populer. Pada tahun yang sama, kemudian muncul proyek digitalisasi arsip yang mendorong penciptaan format ebook.

Pada tahun ini, dua ahli komputer, yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Tahun 1976, Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun itu pula, Apple Computer Inc didirikan.

Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Kemudian, pada 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon, sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada 1982, dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP yang dikenal hingga kini.
Sementara itu, di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa email dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1.000 komputer. Dr Jon Poster menggambarkan ide domain seperti .com, .org, .gov, .edu, dan .mil.

Pada 1989, Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web. Inovasi ini kemudian disusul dengan peluncuran mesin pencari untuk pertama kalinya setahun kemudian.

Revolusi digital mulai terasa, yakni sepanjang 1991 hingga 1999. Universitas Cambridge mengembangkan webcam pertama kalinya pada 1991. Situs internet kemudian tumbuh menjadi 3.000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya, virtual-shopping atau e-retailmuncul di internet seperti eBay, juga pesan instan AOL. Dunia langsung berubah. 

Selanjutnya pada 1994, Yahoo! didirikan, disusul Google yang berdiri pada 1998 oleh Sergey Brin dan Larry Page. Munculnya perusahaan internet memunculkan era yang disebut "bubble dotcom" pada 2000.

Memasuki era milenium, dunia internet mulai muncul inovasi-inovasi komunikasi dengan Facebook pada 2004, Gmail, YouTube pada 2005. Selain itu, terdapat pengembangan mesin pencari Google yang memperkenalkan sistem operasi Android, Instagram, hingga peluncuran Google+. Era ini juga ditandai dengan masuknya Facebook ke bursa saham.

Seperti apa timeline tersebut? Anda bisa melihatnya di tautan ini






references by viva news

 
Like us on Facebook