September 10, 2012

Pencipta Desain Laptop Modern Pertama Tutup Usia

Bill Moggridge, nama itu mungkin kurang akrab di telinga Anda. Tapi Anda pasti akrab dengan bentuk komputer jinjing (laptop) yang menutup layar pada keyboard. Ya, pria yang satu ini merupakan desainer awal laptop yang Anda gunakan saat ini.

Sayangnya pria itu kini berpulang diumurnya yang ke-69 tahun. Perancang kelahiran Inggris ini menghembuskan nafas terakhirnya di San Fransisco karena penyakit kanker. Demikian dilansir dari CNET, Senin (10/9/2012).


Pada 1979, Moggridge mendesain Grid Compass, sebuah komputer clamshell dengan layar ditutup di atas keyboard. Dengan karyanya tersebut, Moggride dianggap sebagai penemu laptop pertama, karyanya sendiri memulai debutnya pada 1982 dengan harga eceran USD8,150.

Komputer jinjing besutan Moggridge dibalut dengan material magnesium alloy. Untuk dapur pacu perangkat ini menggunakan prosesor Intel 8086, kemudian mengusung layar 320x40 piksel dengan layar electroluminescent dan modem 1.200 bps.
 


Perangkat itu sendiri dijual dengan harga tinggi dan sistem operasi yang terbatas kepada Militer Amerika Serikat (AS), namun awak NASA juga telah menggunakannya di Space Shuttle Discovery pada 1985.

Berkat kontribusinya, Moggridge menerima Lifetime Achiement Award pada 2009 di National Design Awards, dan memperoleh Prince Philip Designer pada 2010. Moggridge wafat meninggalakn seorang istri dan dua orang putra.

 
 
 
 
 
references by okezone

 
Like us on Facebook