September 11, 2012

Server Hosting Website Terbesar GoDaddy Diserang Hacker Anonymous

GoDaddy.com beserta layanannya (hosting, domain name, email) sempat down cukup lama yang menyebabkan sebagian besar situs di internet tidak bisa diakses.


Anonymous maskDomain hosting terbesar di dunia Go Daddy telah diserang oleh tim hacker terkenal Anonymous yang menyebabkan hampir semua website down dan mengalami kesulitan untuk diakses.

Pemilik website yang menghost, mendaftarkan domain name, serta menggunakan layanan email milik Go Daddy mengalami kesulitan selama lebih dari 1 jam.
 

Status Alert: Hey, all. We’re aware of the trouble people are having with our site. We’re working on it.
— Go Daddy (@GoDaddy) September 10, 2012

Salah satu anggota Anon berujar bahwa tindakan hacking ini tidak dilakukan secara kolektif, melainkan hanya dilakukan seorang diri dengan tujuan yang terbilang ‘iseng’ yaitu hanya untuk men-test keamanan online (cyber security) beserta alasan ‘pribadi’ yang tidak bisa ia kemukakan.
 
 
 
 
Tindakan ini membuat banyak pengguna internet dan juga pemilik situs yang meng-host di GoDaddy kelimpungan. Banyak orang kesal dan menyayangkan tindakan ini karena kerugian paling besar lebih dialami oleh bisnis kecil. Tidak heran banyak pengguna internet berubah sikap dari sebelumnya mendukung Anonymous menjadi anti pati.

Saat berita ini diturunkan GoDaddy mengatakan bahwa sebagian besar website sudah bisa diakses dan tidak ada user data yang dicuri, namun belum ada penjelasan & alasan resmi mengenai gangguan yang mereka alami. (theverge.com)

Sedangkan menurut laporan yang diperoleh dari Ubergizmo, anggota Anonymous yang bertanggung jawab dalam penyerangan tersebut adalah seorang hacker dengan akun Twitter AnonymousOwn3r. Akibat dari penyerangan GoDaddy tersebut, jutaan situs dunia down.

Situs-situs yang down tersebut juga tidak hanya terjadi pada mereka yang memiliki hosting di web tersebut. Bahkan situs yang meregistrasikan domainnya melalui GoDaddy pun ikut-ikutan terkena getahnya. Hal ini karena penyerangan ini menargetkan DNS yang menghubungkan link domain yang dihostingkan oleh GoDaddy ke server.

Hacker tersebut sendiri menjelaskan bahwa penyerangan tersebut bukanlah kebijakan dari kelompok. Dia menjelaskan bahwa hal tersebut dia lakukan atas nama personal. Peretasan tersebut dilakukannya untuk menunjukkan adanya lubang besar dalam keamanan yang dimiliki oleh GoDaddy.
 
 
 
 
 
 
 
 references by info teknologi
edited by agunkzscreamo

 
Like us on Facebook