September 20, 2012

Tips Agar Sweater Tidak Cepat Longgar Saat Dicuci

Jika terlalu sering digunakan, busana berbahan rajut seperti sweater biasanya cepat menjadi longgar. Akibatnya, sweater jadi kurang nyaman digunakan dan bentuknya jadi tidak cantik lagi. Sayang bukan, kalau sweater ini tak dapat dipakai lagi hanya karena bahannya sudah melar. Untuk mencegahnya melar, perhatikan cara Anda mencucinya.

1. Cuci dengan air panas
Tak seperti jenis pakaian lainnya, sweater berbahan wol atau rajut harus dicuci dengan menggunakan air panas. Pencucian dengan menggunakan air dingin dan digosok dengan dengan kuat akan membuat sweater jadi mudah melar dan longgar.


Hindari juga mencuci bahan sweater dengan mesin cuci. Rendam beberapa saat sweater rajut ini dengan air panas selama beberapa saat, agar kembali ke bentuk semula.

2. Keringkan dengan pemanas

Proses pemanasan menyebabkan sweater menyusut kembali ke ukurannya semula. Sebisa mungkin, setelah dicuci dengan air panas, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung agar sisa air yang ada di dalam kain bisa hilang sempurna dan tidak membuatnya melebar. Namun, jangan menggantung sweater yang masih basah dengan hanger. Sweater yang berat karena masih basah juga akan membuatnya melar. Sangkutkan saja langsung di tali jemuran.

Jika mau, Anda juga bisa menggunakan alat pengering rambut untuk menghilangkan sisa airnya. Setelah setengah kering, gunakan pengering rambut untuk membantu penyusutan bahan setelah pencucian.

3. Gunakan setrika uap

Sekalipun panas bisa membantu penyusutan bahan, namun setrika yang terlalu panas bisa merusak bahan. Gunakan setrika uap untuk menggosok bahan ini agar sweater tidak rusak.



Cara Merawat Baju Rajut Agar Tetap Awet

Baju rajutan merupakan baju yang dibuat dengan material khusus yang walaupun tidak termasuk ke dalam baju yang lazim dikenakan sehari-hari, namun hampir semua orang memilikinya. Selain memberikan kesan cantik dan spesial saat digunakan, tips merawat pakaian berbahan rajutan pun bisa dibilang mudah dan praktis untuk dilakukan. Sehingga banyak orang yang memasukkan baju rajutan ke dalam daftar baju bepergian mereka.

Saat anda membeli baju bahan rajutan, usahakan untuk memilih baju yang telah di-washing garment. Hal ini mencegah perubahan ukuran baju rajutan setelah pencucian pertama. Banyak kasus terjadi di mana baju rajutan mengecil setelah dilakukan pencucian pertama, seiring makin sering digunakan baju rajutan cenderung akan mudah melar.

Jika anda hobi menjemur dengan cara menggantungnya di hanger, jangan lakukan ini pada baju rajutan anda. Hal ini akan membuat struktur baju rajutan anda menjadi rusak, khususnya di bagian bahu yang akan cenderung menjadi turun. Jangan pula menjemur baju rajutan di tempat yang terpapar langsung panas matahari. Jemurlah baju di tempat yang sering dilewati angin. Jika tidak terlalu kusut, tidak perlu dilakukan penyetrikaan untuk baju rajutan ini karena panas yang diterima malah akan mengurangi elastisitas baju rajutan.

Terakhir, jangan tarik lepas jika ada benang rajutan yang copot. Sebaliknya, selipkan saja benang tersebut mengikuti jalur pola rajutan yang sudah ada.












references by kompas
images by ioffer.com, sheinside.com

 
Like us on Facebook