October 13, 2012

1 Buah Lubang Di Google Chrome Bernilai 50.000 Dollar

Sistem keamanan Google Chrome berhasil ditembus oleh sekelompok peretas (hacker) yang menamakan diri mereka sebagai Pinkie Pie. 


Namun, bukan tuntutan yang didapat oleh Pinkie Pie karena aksinya tersebut. Ternyata, mereka malah diberi uang tunai sebesar 60.000 dollar AS (sekitar Rp 575 juta) oleh Google. Mengapa?

Ternyata, Pinkie Pie merupakan salah satu peserta kontes "Pwnium" yang diadakan oleh Google pada konferensi Hack in the Box di Kuala Lumpur, Malaysia. Di ajang Pwnium ini, Google meminta para peretas untuk menemukan semua celah keamanan yang ada di Chrome. 


Dikutip dari Venture Beat, Google menilai penemuan yang dilakukan oleh Pinkie Pie sebagai suatu hal yang "kritis" dan menyebutnya sebagai "sebuah karya yang indah". 


Namun, Google tidak akan menyebarkan informasi mengenai celah keamanan apa saja yang ditemukan di ajang Pwnium ini, setidaknya hingga mayoritas penggunanya telah meng-install patch terbaru.

Di ajang Pwnium kali ini, ternyata hanya Pinkie Pie yang berhasil memenangkan hadiah dari Google. Hingga detik terakhir kompetisi ini, tidak ada peretas lain yang memberikan hasil "karyanya".


Ini merupakan kali kedua bagi Google dalam mengadakan ajang Pwnium. Ajang tersebut untuk pertama kalinya diadakan pada Maret tahun ini di konferensi CanSecWest, Vancouver.

Pada ajang Pwnium pertama tersebut, ternyata Pinkie Pie juga turut memenangkan hadiah dari Google. Pinkie Pie pun memenangkan hadiah dengan jumlah yang sama dengan kompetisi kali ini.

Apabila para peserta mampu menemukan celah keamanan secara keseluruhan, peserta akan diberi hadiah sebesar 60.000 dollar AS, seperti yang telah didapatkan oleh Pinkie Pie.

Apabila peserta hanya mampu menemukan sebagian kecil dari keseluruhan celah keamanan yang ada, Google hanya menghadiahkan uang tunai sebesar 10.000 dollar AS. Secara total, Google menyiapkan uang tunai sebesar 2 juta dollar AS untuk kompetisi ini.











references by kompas

 
Like us on Facebook