October 7, 2012

El Clasico: Barcelona vs Real Madrid Senin, 8 Oktober 2012 (Senin Dini Hari)

El Clasico ketiga di awal musim 2012-2013 kembali tersaji. Pertandingan Barcelona vs Real Madrid pada Senin 8 Oktober 2012 pukul 00.50 WIB, meski digelar di pekan ketujuh Liga Spanyol –duel terlalu pagi untuk kedua tim—, tetap dipastikan akan ‘berdarah’. Tuan rumah ngotot ingin melebarkan jarak dari sang rival menjadi 11 angka, sementara Real Madrid harus menang jika tak ingin cepat-cepat kehilangan gelar La Liga musim ini.

Barcelona melangkah ke El Clasico kali ini dengan sedikit rasa penasaran. Mereka sudah menggelar 10 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Satu-satunya hasil buruk —-tidak menang— adalah ketika mereka didepak Real Madrid 2-1 di Santiago Bernabeu pada leg kedua Piala Super Spanyol 2012. Ketika itu, pada babak pertama, Barca yang dikenal digdaya, bisa dibuat kalah kelas oleh Real Madrid.



Kesempatan membalas dendam kini datang di Camp Nou. Barca yang unggul delapan angka memiliki keuntungan psikologis. Setidaknya mereka lebih santai daripada pasukan Jose Mourinho yang berangkat ke laga ini dengan pesan pasti: menang atau mati. Barca sendiri tak akan diperkuat oleh Carles Puyol, sementara kehadiran Gerard Pique masih meragukan

Satu yang penting bagi tim lawan, Barca yang kali ini memang berbeda. Mereka tidak lagi mengandalkan Lionel Messi seorang untuk menggedor gawang lawan. Messi bisa ditarik jauh ke belakang sebagai seorang ‘gelandang’. Risiko besar jika The Special One masih mempekerjakan empat hingga lima orang untuk mengawal King Leo.

Real Madrid sendiri datang dengan kepercayaan diri tinggi pula. Cristiano Ronaldo tengah panas dengan dua hattrick dalam dua pertandingan terakhir. Serangan balik pasukan Jose Mourinho, dideskripsikan sebagai “serangan lima detik yang berujung gol”. Dan inilah yang akan menjadi senjata andalan Madrid mengulang prestasi musim lalu, kala menaklukkan Barca 1-2.

Dengan kebangkitan Ricardo Kaka, The Special One juga memiliki banyak opsi di lini tengah. Apalagi rotasi pemain yang dilakukan sang pelatih, terlihat jitu. Dalam dua pertandingan terakhir, Madrid mengoleksi 9 gol. Mereka juga harus mengubur kenangan buruk. Setiap menang besar dari Ajax, Los Blancos senantiasa kalah dari Barca. Apakah takdir itu terulang? Atau kini tiba saat Madrid menipiskan jarak?


Lima Pertemuan Terakhir

Perkiraan Susunan Pemain
  • Barcelona (4-3-3): Valdes – Alves, Song, Mascherano, Alba – Xavi, Busquets, Fabregas – Pedro, Messi, Iniesta.
  • Real Madrid  (4-2-3-1): Casillas – Arbeloa, Ramos, Pepe, Marcelo – Alonso, Khedira – Di Maria, Modric, Ronaldo – Benzema.

 Barca Waspadai Madrid, Bukan Ronaldo


Gelandang Barcelona, Sergio Busquets, menyatakan timnya akan mewaspadai seluruh pemain Real Madrid dan bukan hanya Cristiano Ronaldo pada "El Clasico", Minggu (7/10/2012).

Bintang asal Portugal tersebut sedang on-fire dalam dua pertandingan terakhir. Dia sukses mencatatkan  hat-trick masing-masing ke gawang Deportivo La Coruna dan Ajax Amsterdam.

"Kami bertujuan untuk tampil lebih baik daripada Madrid, bukan hanya dari Cristiano Ronaldo. Kami tidak fokus terhadap seorang pemain saja," kata Busquets kepada Channel Cuatro.

Jika menilik dari performa kedua tim di kancah Liga BBVA, "El Barca" tampil lebih baik daripada Madrid. Barca bertengger di puncak klasemen dengan poin sempurna yakni 18 angka dari enam pertandingan. Adapun Madrid bercokol di peringkat keenam dengan mengumpulkan 10 angka. Performa Iker Casillas dan kawan-kawan belum konsisten setelah sempat menelan kekalahan dari Getafe dan Sevilla.

Busquets menilai pertandingan nanti takkan mempengarahui persaingan gelar juara menginggat masih banyak laga yang harus ditempuh. "Mengejutkan Madrid tertinggal delapan poin. Namun, masih ada banyak pertandingan yang tersisa.  Madrid adalah tim besar. Mereka bisa memenangkan berbagai pertandingan. Musim lalu, mereka fantastis dan mereka bisa melakukan itu lagi," tutur Busquets.

Barcelona sendiri unggul daripada Madrid jika mengacu dari tiga pertemuan terakhir. Lionel Messi dan kawan-kawan sukses mengepak dua kemenangan dan sekali menelan kekalahan.Ya, Barca takluk 1-2 pada leg kedua Piala Super Spanyol setelah pada leg pertama menang 3-2. Akhirnya, Madrid yang keluar sebagai juara Piala Super Spanyol pada akhir Agustus lalu

El Clasico, Laga Pemecahan Rekor Messi-Ronaldo

El Clasico edisi pertama musim 2012-2013 tersaji Senin (8/10) dinihari nanti. Tidak hanya menyuguhkan pertarungan dua tim terbaik Spanyol, Barcelona kontra Real Madrid, laga itu juga dijadikan ajang pemecahan rekor antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi yang menjadi nahkoda The Catalan tercatat telah menyarangkan 15 gol ke gawang Real Madrid sejak 2004. Raihan tersebut menyamai catatan yang diperoleh Raul Gonzales dan hanya terpaut selisih tiga gol dengan topskor El Classico, Alfredo di Stefano.

Meski punya misi pribadi, bintang Barcelona itu berusaha ingin menurunkan tensi permusuhan El Clasico dengan melontarkan pujian kepada seterunya, Cristiano Ronaldo. Seperti dilansir Marca, Messi pernah menyebut CR7 - julukan Ronaldo - sebagai pemain hebat.

Sementara itu, CR7 tercatat telah menyarangkan lima gol berturut-turut dalam laga El Clasico sejak membela El Real pada 2009. Ronaldo pun berpeluang membukukan rekor jika berhasil mencetak gol di Camp Nou nanti. Catatan CR7 di laga paling akbar sepak bola Spanyol itu sama dengan raihan Ivan Zamorano yang mencetak lima kali gol berturut-turut.


Barca Tanpa Pique di Camp Nou


Barcelona bertandang menjamu Real Madrid di Stadion Camp Nou, tanpa bek andalannya, Gerard Pique. Ia gagal lolos tes kebugaran terakhir sebelum partai "El Clasico", Minggu (7/10/2012) waktu Spanyol.

 

Pique masih belum pulih dari cedera engkelnya, meski telah tiga pekan menjalani masa pemulihan.

Namun, namanya sudah tidak tercantum dalam skuad Barca yang melakukan latihan tim Minggu pagi waktu setempat.

Absennya Pique memberi sinyal Alex Song dan Javier Mascherano akan menjadi duet palang pertahanan raksasa Catalan.

Dua pemain Barca B, Cristian Tello dan Sergi Roberto, masih memdapat kepercayaan Tito Vilanova, yang mendaulat 19 nama dalam jamuannya untuk "El Real".

Skuad Barcelona
Victor Valdes, Jose Pinto, Dani Alves, Martin Montoya, Alex Song, Marc Bartra, Javier Mascherano, jordi Alba, Adriano Correia, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Sergi Roberto, Andres Iniesta, Cesc Fabregas , Alexis Sanchez, Pedro Rodriguez, Lionel Messi, David Villa, Cristian Tello

Madrid Pernah Kalahkan Barca di Nou Camp

Madrid Pernah Kalahkan Barca di Nou Camp


Pertemuan antara Barcelona versus Real Madrid pada jornada ketujuh, Minggu (7/10/2012), ini jelas makin panas. Bakal lebih panas ketimbang dua duel awal kedua tim musim ini di Piala Super Spanyol.
Perbedaan poin kedua tim kini mencapai delapan angka, dengan keunggulan di tangan Barcelona. Misi keduanya pun menjadi sangat jelas. Barcelona berharap meninggalkan rivalnya itu sejauh mungkin. Sementara, Madrid butuh hasil maksimal agar menipiskan selisih poin. Duel berbau tensi panas mungkin saja terjadi demi sebuah harga diri.


Pada laga "El Clasico" ke-222 nanti, Barcelona dirundung masalah. Barisan belakangnya bakal timbang dengan ketidakhadiran Carles Puyol yang cedera. Satu bek lain, Gerard Pique, belum jelas bisa dimainkan atau tidak.

Alhasil, pilihan Pelatih Tito Vilanova tinggal ke Javier Mascherano dan Alex Song. Sebuah perjuadian, mengingat keduanya sebenarnya berposisi asli sebagai gelandang bertahan.
Hal itu bisa dimanfaatkan "Los Merengues" pada laga yang disiarkan Trans TV, Senin (8/10/2012) pukul 00.00 WIB. Kolaborasi rasa baru Argentina-Kamerun di lini pertahanan "Blaugrana" bisa menjadi santapan empuk Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Stadion Camp Nou juga bukan tempat yang angker bagi "Pasukan Putih Kota Madrid". Sejak kalah telak 0-5 di tangan Barcelona pada November 2010, Madrid banyak belajar cara menaklukan "Azulgrana" di Camp Nou. Hasilnya, dalam enam pertemuan berikutnya, duel kedua tim berimbang dengan sama-sama meraih kemenangan, seri, dan kekalahan sebanyak dua kali
.
Jika sudah begini, publik Camp Nou tak bisa lagi senyaman biasanya. Perlu dicatat, Barcelona sukses memenangi 16 dari 17 laga kandang terakhirnya di Liga BBVA. Tebak siapa yang mencoreng rekor sempurna itu? Ya, Madrid pernah menang di Camp Nou pada April 2012. Memprediksi hasil pertandingan ini, mungkin amat sulit. Namun, menyaksikan duel "El Clasico", sudah pasti menegangkan dan memuaskan





references by sidomi, kompas, , metroTV,,, tribun news

 
Like us on Facebook