October 15, 2012

Facebook Sedang Menguji Coba Letak Baru Menu Navigasinya

Beberapa pengguna Facebook melaporkan jika mereka melihat bar navigasi baru yang berbeda dari biasanya. Tab pemberitahuan, pesan, dan penambahan teman di posisi kanan, kemudian fitur search di posisi kiri. Menurut situs AllFacebook, Facebook tenah menguji coba tata letak bar navigasinya.



Sepertinya Facebook sengaja ‘memutar balikkan’ posisi ini untuk lebih menekankan fitur pencarian (search). Ketika pengguna melihat sisi kiri atas, yang sebelumnya adalah posisi tab notifikasi, kini telah berganti dengan tab pencarian.




Di fitur pencarian tersebut Facebook menambahkan tagline ‘Search for people, places, and things’. Menurut laporan situs TechCrunch, Facebook kerap melakukan serangkaian uji coba khususnya desain untuk menentukan apa yang terbaik bagi pengguna dengan melibatkan mereka.

Yang menarik dari uji coba tampilan ini adalah, Facebook mengilangkan tab ‘Beranda’ yang memungkinkan pengguna untuk kembali ke laman ‘News Feed’. Sebagai gantinya hanya ada tab (logo) Facebook untuk menavigasi pengguna ke laman tersebut.

Dalam sebuah wawancara di event TechCrunch Disrupt, Mark Zuckerberg mengaku jika masa depan Facebook search cerah. Dengan miliaran kueri tiap bulannya, sejatinya situs ini kerap diandalkan dalam mencari sesuatu di internet.

Dengan 1 miliar pengguna, Facebook tentunya dituntut harus masif melakukan inovasi dan inovasi. Salah satunya inovasi Facebook di masa depan bisa saja pemaksimalan fitur search. Dan banyak fihak yang yakin jika nantinya situs ini bisa menjadi pesaing kuat Google di ranah penelusuran internet.





references by sidomi
 edited by agukzscreamo

 
Like us on Facebook