October 5, 2012

Hati - Hati Sedang Sakit Kepala Jangan Makan Makanan Berikut Ini

Lapar karena tidak ada yang bisa dimakan bisa membuat seseorang mengalami sakit kepala. Tetapi sembarangan makan juga bisa memberikan efek yang sama, karena jenis makanan tertentu bisa menjadi sumber sakit kepala bagi beberapa orang.

Salah satu jenis makanan yang dilaporkan sering memicu sakit kepala adalah buah anggur. Dr Manny Alvarez dari Foxnews mengatakan, hal itu dipicu oleh kandungan tyramine yakni sejenis asam amino alami yang terbentuk dari penguraian protein di dalamnya.


Bagi kebanyakan orang, anggur sebenarnya kaya akan nutrisi dan termasuk cemilan sehat yang lebih dianjurkan dibanding kue. Anggur mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, juga serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sisi negatifnya, kandungan tyramin dalam anggur bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Bagi orang-orang tertentu yang memiliki sensitivitas berlebihan, peningkatan tekanan darah adalah pemicu sakit kepala yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa senyawa tyramin juga bisa menghambat beberapa jenis obat antidepresan khususnya golongan Monoamine-oxidase inhibitor (MAOI). Oleh karenanya pasien yang sedang mengonsumsi obat ini harus berkonsultasi pada dokter sebelum makan anggur.

Selain anggur beberapa jenis makanan lain juga memiliki kandungan tyramin penyebab sakit kepala. Tidak semua orang begitu sensitif sehingga langsung sakit kepala setelah mengonsumsinya, efeknya bisa berbeda-beda tergantung faktor individual pada setiap orang.

Makanan yang perlu dihindari bagi yang sedang sakit kepala karena bisa membuatnya lebih parah antara lain sebagai berikut seperti dikutip dari Foxnews, Kamis (4/10/2012).

1. Keju
2. Jeruk sitrus
3. Kecap
4. Anggur merah beralkohol
5. Beberapa jenis bir
6. Sauerkraut (sejenis kubis).


kalau ada Info makanan atau minuman yang tidak boleh dimakan saat sakit keapa silahkan tambahkan yaaa.. :D

 
Like us on Facebook