October 6, 2012

Ingin Hidup Sehat dan Bahagia ? Rajinlah Bangun Pagi


bangun-tidur
 









Jam berapakah kamu  biasa bangun dari tidur setiap hari ? Ternyata banyak manfaat lho bila kamu rajin bangun pagi. Bangun pagi memberi efek positif bagi kesehatan tubuh kita.  Apa saja efek positifnya ?

Bangun pagi memang menjadi hal yang paling sulit unttuk dilakukan seseorang, karena kebanyakan dari mereka justru kurang tidur dan sering tidur larut malam.
Manfaat Bangun Tidur Bagi Tubuh, diantaranya :


Tubuh Menjadi Lebih Sehat
Bangun tidur ternyata akan memberi kesempatan tubuh untuk mengirup udara segar dengan tingkat polusi yang rendah. Begitu juga dengan kualitas oksigen yang baik akan memaksimalkan kerja otak, mencegah paru-paru, memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Olahraga pagi
Ketika kita bangun pagi, kamu akan punya waktu yang lebih untuk berolahraga dan mengeluarkan keringat di pagi hari.  Perlu kita tahu, pagi merupakan waktu yang terbaik untuk olahraga karena tubuh akan merasa lebih segar.
Selain itu, kita bisa menerima paparan sinar matahari yang penting untuk menutrisi tulang. Karena paparan sinar matahari pagi sebelum pukul 09.00 sangat baik untuk memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D.


Sarapan
Ketika bagun pagi, kita punya waktu untuk sarapan dan menyiapkan kebutuhan di pagi hari. Jika melewatkan sarapan pagi, maka metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Hal ini akan membuat seseorang makan berlebihan pada siang dan malam hari.  Sarapan merupakan hal yang paling penting sepanjang hari.
Tidak Mudah stres
Dengan bangun pagi, kita bisa mengelola waktu sehingga dapat meminimalkan stress. Karena hormon stres bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dan melemahkan sistem syaraf. Tentunya kamu tidak ingin seperti ini kan?
Suasana hati Bahagia
Pernah mendengar istilah Early Morning Blues ? Ya,  orang yang bangun pagi hari cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari. Bangun pagi akan membuat kita selalu berada dalam suasana hati yang bahagia.
Bangun pagi juga membuat tubuh lebih sehat, mood menyenangkan dan memiliki indeks massa tubuh yang idela. Mereka yang bangun pagi cenderung lebih bahagia dan lebih sehat.
Nah, sudah tahu kan manfaat bangun pagi, masihkah untuk malas bangun pagi?



referensi :detik
viva news

 
Like us on Facebook