October 8, 2012

Inilah Cara Sistem Keamanan Data Center Milik Google

Keamanan menjadi kata kunci dalam membangun data center. Bahkan untuk bisa masuk ke sebuah data center berbagai syarat harus dilakukan. Berikut cara yang diterapkan Google dalam menjaga keamanan data center mereka.

Ini adalah salah satu data center Google yang tersebar di beberapa lokasi di dunia yang dirahasiakan. Di dalam gedung ini terdapat ribuan mesin yang menyimpan sejumlah rahasia dari para pengguna dan klien Google, baik data dari mesin pencari Google, transaksi bisnis yang terjadi dalam Google, checkout, maupun sejumlah bisnis yang berjalan dalam Google Apps.


Untuk membangun data center tersebut, Google mengembangkan sendiri sejumlah perangkat yang digunakan untuk membuat mesin-mesin mereka. Sejumlah perangkat ini berjalan menggunakan bahasa linux yang khusus disesuaikan untuk kebutuhan bisnis Google.


Untuk bisa masuk ke dalam Google data center bukanlah sesuatu yang mudah. Karena penjagaan di area data center ini sangatlah ketat dan perusahaan tidak memperkenankan adanya masyarakat umum untuk masuk ke dalam. Bahkan untuk karyawan Google saja otoritasnya sangatlah terbatas.


Setelah bisa masuk ke dalam data center karyawan Google harus di melewati bagian keamanan lagi. Di bagian ini karyawan diharuskan untuk cek sidik jari dan retina mata.


Sementara untuk menjaga data para pelanggan dan pengguna mereka, Google menerapkan standar yang berlapis untuk melakukan pemeliharaan terhadap perangkat mereka. Apabila ada perangkat penyimpan mereka yang rusak maka Google akan segera mengganti perangkat tersebut, dan perangkat yang rusak akan segera dihancurkan agar data yang ada tidak mungkin berpindah tangan.


Sedangkan untuk menjaga keamanan data center dari kebakaran, Google juga mempersiapan sejumlah antisipasi terhadap kebakaran. Selain itu untuk mencegah listrik padam, Google data center menggunakan tiga sumber listrik yang berbeda. Yaitu dari perusahaan listrik, generator milik mereka, dan pembangkit tenaga listrik yang mereka desain untuk memenuhi kebutuhan listrik






references by metro tv 

 
Like us on Facebook