October 5, 2012

Kesamaan Antara Bung Karno dan Steve Jobs

Bung Karno adalah salah satu tokoh revolusioner Indonesia. Steve Jobs juga termasuk salah satu tokoh paling berpengaruh di tubuh Apple. Dua tokoh ini mempunyai kemiripan dalam pola pikirnya.

Memang tidak dapat dikatakan 100% sama, namun mereka berdua terkadang mempunyai pemikiran yang cukup ekstrim dalam melakukan sesuatu. Salah satu quotation Bung Karno yang terkenal adalah "Berikanlah aku 10 pemuda, maka akan ku guncang dunia."



Seperti yang kita ketahui, mayoritas pemuda mempunyai sisi rebellion, keras, ekstrim dan berani. Nampaknya Bung Karno paham akan hal tersebut dan terkesan tidak memerlukan tenaga yang melempem atau kurang cepat tanggap.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh asosiasi psikolog Amerika Serikat, American Psychological Association (APA), mayoritas anak muda mulai dari remaja sampai yang beranjak dewasa mempunyai sifat memberontak dan jiwa-jiwa yang keras, bahkan terkadang ekstrim.

Hal tersebut dikarenakan mereka ingin memaksakan untuk ungkapkan sesuatu yang tidak sejalan dengan pemikiran mereka. Apabila apa yang mereka inginkan menemui jalan buntu, maka 'pemberontakan' kecil tidak segan-segan mereka lakukan. Memang tidak semua anak muda dapat digeneralisasikan seperti itu, namun mayoritas mempunyai jiwa-jiwa yang berani bahkan cenderung 'gila.'

Apabila Bung Karno mempunyai pemikiran seperti itu, Steve Jobs juga memiliki salah satu quotation yang terkenal. Dia pernah mengatakan, "Boleh saja Anda tidak menyukai orang-orang yang suka seenaknya sendiri, berjiwa memberontak, tidak taat aturan dan selalu berpandangan berbeda dengan tatanan yang ada. Namun, patut Anda ketahui dari hal 'gila' itu akan muncul sesuatu yang brilian."

Ungkapan Jobs ini merupakan representasi dari makna asli Think Different. Seperti yang dilansir Mac Stories (10/11/2009), Jobs selalu berpikir berbeda dengan orang lain. Dia ingin menciptakan sesuatu yang belum pernah ada dengan dasar pemikiran-pemikiran 'gila.'

Dua sosok ini memang memiliki alur hidup yang berbeda. Bung Karno berkiprah dalam dunia politik sedangkan Steve Jobs dalam dunia teknologi. Namun, walaupun keduanya beda 'dunia', namun pola pikir mereka hampir sama. Keduanya membutuhkan orang-orang yang benar-benar mempunyai karakter berbeda yang benar-benar mempunyai karakter berbeda dan berjiwa pemberontak.

 
Like us on Facebook