October 1, 2012

Manfaat Dan Kegunaan Tertawa Bagi Kesehatan

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, kalimat lelucon tersebut telah akrab ditelinga yang artinya mengajak semua orang untuk melupakan masalah sejenak dengan tertawa karena suatu hal yang lucu. Hal ini benar, selain dapat membuat masalah terasa ringan, tertawa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.


Berikut 8 manfaat tertawa bagi kesehatan, seperti dilansir besthealth, Senin (1/10/2012) antara lain:

1. Membakar kalori
Tertawa lepas selama 10 sampai 15 menit dapat meningkatkan pengeluaran energi, meningkatkan denyut jantung, dan dapat membakar hingga 40 kalori. Namun hal ini bukan merupakan metode penurunan berat badan.

2. Membuat perasaan Anda lebih baik
Tertawa meningkatkan kadar hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan hanya dengan menonton acara komedi, efeknya dapat bertahan hingga 24 jam.

3. Meningkatkan psikologis seseorang
Selera humor seseorang dapat membuat kemampuan berkomunikasinya meningkat, kreativitas dan kinerja secara keseluruhan di tempat kerja. Kemampuan untuk menghargai humor atau kemampuan untuk membuat orang lain tertawa, sebenarnya memiliki efek psikologis pada tubuh yang menyebabkan orang semakin terikat secara emosional.

4. Meningkatkan harapan dan harga diri
Dengan hanya menonton acara komedi selama 15 menit dapat mengurangi kekhawatiran tentang kesehatan atau karier. Tertawa dapat menggantikan pikiran negatif dengan yang positif dan membantu merumuskan rencana untuk menyelesaikan masalah.

Hal ini dapat meningkatkan perasaan, harapan hidup dan harga diri karena dapat mengatasi beban pikiran dengan lebih mudah.

5. Melindungi terhadap penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa rasa humor yang baik dapat menghindarkan diri Anda dari risiko serangan jantung. Tertawa dapat melebarkan pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih bebas.

Selain itu, tertawa juga dapat mengurangi lemak dan kolesterol yang menumpuk di arteri koroner yang dapat melindungi jantung.

6. Memperluas pikiran Anda
Kebahagiaan dan tertawa karena suatu hal yang lucu dapat mengurangi sempitnya pandangan terhadap suatu masalah dan membuat Anda berpikir dari perspektif yang lebih luas.

7. Membantu anak-anak menahan rasa sakit
Menonton film kartun yang lucu dapat membantu anak-anak mengatasi rasa sakit akibat prosedur yang menyakitkan, seperti suntikan imunisasi atau pemeriksaan ke dokter gigi. Anak dapat dengan cepat melupakan rasa sakitnya ketika melihat hal-hal lucu yang disukainya.

8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Hormon stres yang berkurang selama tertawa, memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh untuk berfungsi lebih baik. Tertawa juga mempromosikan pertukaran oksigen dengan karbondioksida sehingga membantu membersihkan saluran udara.

Tertawa juga dapat mempromosikan otot dan sendi yang selama ini tegang karena beratnya pekerjaan.




references by detik

 
Like us on Facebook