October 5, 2012

Perkembangan Teknologi Saat Ini Sudah Diramal Steve Jobs Tahun 1983

Selama ini, baru terungkap satu rekaman salah satu maestro Apple Steve Jobs yang pernah meramalkan teknologi masa depan. Jobs mengungkapkan hal itu pada tahun 1983 dan uniknya apa yang diucapkannya terjadi saat ini.

Pada saat dihelatnya International Design Conference di Aspen tahun 1983 silam, Jobs pernah diwawancarai seputar teknologi masa depan. Rekaman wawancaranya tersebut berdurasi 40 menit. Sayangnya, karena suatu hal rekaman tersebut terpotong dan hanya dapat didengarkan 20 menit saja.

Rekaman berdurasi 20 menit tersebut disimpan di Center of Design Innovation. Untuk mendengarkan rekaman 20 menit berikutnya, Marcel Brown dari Life, Liberty, and Technology mencoba memperbaikinya dan menjadikannya digital copy sekaligus membersihkan background noise ketika wawancara berlangsung.

Setelah berhasil dijadikan utuh lagi, ternyata 20 menit berikutnya Jobs memprediksikan bahwa di masa mendatang (sekarang ini) Apple akan mempunyai produk seperti buku yang dapat dibawa ke mana-mana. Seperti yang dilansir The Verge (03/10), apa yang dikatakan Jobs tersebut mirip dengan spesifikasi iPad.

Jobs juga memprediksikan bahwa di masa mendatang, orang akan lebih banyak berkutat dengan komputer daripada bepergian menggunakan mobil. Tidak hanya itu saja, dalam percakapannya, Jobs juga mengisyaratkan akan diciptakannya peta digital. Pada tahun tersebut, peta hanya sebatas globe atau yang tertera di kertas saja, namun sekarang ini Google, Nokia, Apple dan beberapa perusahaan lain telah menciptakan peta digital.

Selain peta digital, iPad dan komputer, Jobs juga mengatakan bahwa akan ada teknologi suara yang berfungsi sebagai asisten dan dioperasikan hanya dengan menggunakan suara. Hal tersebut juga terbukti dengan diciptakannya Siri.

Apakah seluruh prediksi Steve Jobs tersebut hanyalah kebetulan atau memang dia telah memperkirakan secara detail teknologi apa yang akan hadir di masa mendatang atau jangan-jangan dia mempunyai kemampuan layaknya cenayang? Who knows.






references by merdeka



 
Like us on Facebook