October 2, 2012

REVIEW: Sony Vaio T Series


Sony VAIO T Series SVT13116FGS adalah ultrabook dengan luas layar 13,3 inci. Desainnya unik dengan beberapa sudut melancip. Di dalamnya tertanam mesin yang cukup tangguh. Tengok saja prosesor yang digunakan adalah generasi terbaru Intel Core i7-3517U CPU dengan kecepatan 1.9 Ghz.

Dengan bodi setipis 18 milimeter, VAIO T Series tak hanya nyaman untuk diajak bekerja, tapi juga tangguh untuk melakukan tugas berat seperti media encoding. Selama dua pekan terakhir, Tempo sempat mencoba kebolehanultrabook yang dijual seharga Rp 11,2 juta berwarna perak ini.


Selain dipersenjatai CPU yang cepat, VAIO T Series ini juga telah mengadopsi solid-state drive, sehingga proses booting tak memakan waktu lama. Salah satu fitur yang tak kalah penting adalah daya tahan baterai. Ya, baterai selama ini menjadi momok bagi para pemiliklaptop ataupun ultrabook.

Menggunakan baterai berkekuatan 45 Wh (Watt-hour), baterai VAIO T Series mampu bertahan cukup lama. Ketika power management dimatikan, Wi-Fi dihidupkan, tingkat kecerahan layar diposisikan maksimal, serta memutar cakram video, baterai mampu bertahan selama 4 jam dan 30 menit.


Ketika tingkat kecerahan layar sedikit diredupkan dan ultrabook ini hanya dipakai untuk berselancar, daya tahan baterai meningkat menjadi 5 jam lebih. Untuk ultrabook dengan prosesor Core i7, daya tahan baterai selama itu sudah terbilang cukup bagus. Rata-rata daya tahan bateraiultrabook kurang dari itu.

Sony VAIO T Series SVT13116FGS menempati kasta tertinggi dalam keluarga T Series. Selain memakai Core i7, ultrabook ini juga mengusung DDR3 SDRAM sebesar 4 GB, yang berjalan dengan kecepatan 1.333 MHz. Untuk kartu grafis dipercayakan pada Intel HD 4000. Adapun kapasitas SSD yang dipasang adalah 128 GB.



Desain
Bodi dan penutup VAIO T Series terbuat dari bahan aluminium. Itu sebabnya ultrabook ini hanya berbobot di bawah 1,5 kilogram. Ketika dipegang, terasa cukup solid dan ringan. Saat bodi diberikan tekanan sedikit, tak ada tanda-tanda akan melengkung. Engsel penutup antara layar dan bodi juga terasa halus.

Yang menarik, ketebalan VAIO T Series dari bagian belakang hingga depan tetap sama. Itulah bedanya dengan kebanyakan ultrabook, yang mencoba membuat bagian depan lebih tipis ketimbang bagian belakang. Sayangnya, sudut bagian depan ultrabook ini terasa tajam. Sedikit mengganggu, tapi tak terlalu membahayakan.


Satu hal lagi yang sedikit mengganggu adalah penempatan port USB yang hanya berada di satu sisi. Port USB ini berada di bagian kiri, baik USB 3.0 maupun USB 2.0. Sedangkan di bagian kanan terdapat slot untuk Gigabit Ethernet, VGA, HDMI, SD card, dan port audio 3,5 milimeter.

Tak ada port di bagian depan. Hanya ada dua lubang tipis kecil di sebelah kiri dan kanan. Fungsinya sebagai penerus suara dari loud speaker yang terletak di bagian belakang. Sayangnya, kualitas loud speaker biasa-biasa saja.

Layar VAIO T Series tergolong jernih dengan warna dan kontras yang tajam. Meskipun begitu, penampang layar yang mengkilat kadang-kadang membuat pandangan sedikit terganggu. Seperti laptop kebanyakan, layar Sony VAIO T Series juga memiliki resolusi 1.366 x 768 piksel yang tergolong biasa.

Secara keseluruhan Sony VAIO T Series SVT13116FGS memiliki kinerja yang luar biasa. Penggunaan komponen terbaik membuatnya masuk dalam jajaran ultrabook elite. Untuk melakukan tugas berat pun tak ada masalah. Daya tahan baterai yang cukup lama juga menjadi poin plus. Hanya, kalau saja port USB disediakan lebih banyak dan koneksi Wi-Fi sudah dual-band,ultrabook ini terasa lebih komplet.

FIRMAN ATMAKUSUMA

KELEBIHAN

- Prosesor Core i7 CPU
Solid-state drive
- Daya tahan baterai
- Bodi kukuh

KEKURANGAN

- Layar mengkilap
- Port USB hanya dua
- Sudut meruncing
- Audio biasa saja

SPESIFIKASI

- Prosesor CPU Intel generasi ketiga Core i7
- Kecepatan prosesor 1,9 GHz
- Tipe prosesor Intel Core i7-3517U
- Sistem operasi Windows 7 Home Premium (64-bit)
- Ukuran layar 13,1 inci (1.366 x 768 piksel)
- Teknologi LED-backlit LCD
- Kartu grafis cardIntel HD 4000
- Memori RAM 4 GB
- Daya tahan baterai 270 menit
- Berat 1,5 kilogram
- Dimensi 18 x 323 x 226 milimeter
- Hard drive SATA dan Solid-state drive
- Memori internal 128 GB
- Resolusi webcam 1,3 megapiksel
- Jumlah port USB 2,0 ada 2, USB 3,0 ada 1
- Slot konektivitas port audio 2,5 mm, Ethernet, HDMI, USB 2.0, USB 3.0, VGA (D-sub)
- Koneksi nirkabel Bluetooth, Wi-Fi
- Warna perak
- Harga Rp 11,2 juta




references by tempo
edited by agunkzscreamo

 
Like us on Facebook