October 12, 2012

Smartphone Windows Phone Akan Saingi Android

Market share Windows Phone secara global saat ini masih sebesar 3 persen

Sistem operasi windows phone besutan Microsoft diperkirakan kian popular pada kuartal IV-2012. Pangsa pasar windows phone ditargetkan terus merangkak naik seiring dengan kehadiran handset Windows Phone 8.

“Market share Windows Phone secara global saat ini memang masih sebesar 3 persen. Setelah peluncuran Windows Phone 8 pada November minggu pertama, kami targetkan    naik menjadi double digit. Hal ini berlaku sama di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia Andreas Diantoro usai seminar Unlocking Indonesia's Digital Future di Jakarta, Kamis (11/10).


Microsoft telah menyatakan, Windows Phone 8 akan mulai diperkenalkan di San Francisco, California, Amerika Serikat pada 29 Oktober 2012. Windows Phone 8 akan hadir dengan fitur-fitur terbaru. Salah satunya dukungan multicore, yang telah umum pada platform Android dan iOS. Selain itu juga dukungan resolusi layar yang lebih baik dari Windows Phone versi sebelumnya.

Mengenai keandalan Windows Phone 8, Andreas mengungkapkan, aplikasi translator bahasa yang dibuat Microsoft, yakni Bing dirancang lebih canggih. Jika di versi sebelumnya pengguna harus memotret teks yang akan diterjemahkan, dalam versi yang baru, hal tersebut tidak perlu dilakukan.

“Cukup mengarahkan kamera ke teks, tidak perlu dipotret, maka bisa langsung ditranslate. Dan ada 40 bahasa yang mampu diterjemahkan,” kata dia.

Riset Stat Counter memperkirakan sistem operasi Windows Phone mampu menyaingi BlackBerry. Pasalnya Research In Motion (RIM) baru akan meluncurkan sistem operasi BlackBerry 10 pada awal 2013.

Meskipun saat ini sistem operasi Android dan iOS (Apple) saling menunjukkan taringnya. Andreas tetap optimistis soal pasar handset berbasis Windows Phone 8 di Indonesia. “Ya, saya yakin Windows Phone mampu bersaing dengan OS vendor lain,” kata dia.

Masa Depan Digital

Pada Seminar Unlocking Indonesia's Digital Future, hadir sebagai pembicara Chief Strategy and Research Officer Microsoft Craig Mundie. Ia mempresentasikan sejumlah inovasi Microsoft, seperti Bing, Kinect, dan Cloud Computing. Beberapa aplikasi mampu membawa perubahan di sejumlah sektor bisnis.

Misalnya Aplikasi Kinect yang biasa ditanamkan pada produk gaming X-Box, kini digunakan toko pakaian untuk mengukur tubuh seorang dan mendesain pakaian yang sesuai. Sedangkan layanan Cloud Computing Microsoft juga telah digunakan beberapa rumah sakit di AS untuk mengolah data pasien. Ini akan terjadi juga di Indonesia.





references by berita satu

 
Like us on Facebook