October 14, 2012

Sony Vaio Duo 11, Perangkat "Hybrid" Windows 8 Terbaru

Tanggal 26 Oktober yang ditetapkan sebagai waktu rilis resmi Windows 8 semakin mendekat. Salah satu produsen komputer yang sudah bersiap menyambut adalah Sony yang pada Rabu (10/10/2012) merilis tiga laptop dengan fitur layar sentuh (touchscreen).

Salah satunya, model "hybrid" Vaio Duo 11 yang bisa berubah dari tablet menjadi ultrabook, lengkap dengan papan ketiknya. Dapur pacu komputer jinjing ini diperkuat prosesor Core i5-3317U, RAM 8 GB, dan  media penyimpanan solid state drive (SSD) berkapasitas 128 GB. Beratnya kurang lebih sama dengan Ultrabook, yaitu 1,3 kg.

sony_vaio-5
Sony Vaio Duo 11 (gambar: Oik Yusuf/Kompas.com)

Layar Sony Vaio Duo 11 berukuran 11,6 inci dan memiliki resolusi full-HD (1920x1080). Sony menyediakan perangkat stylus tambahan yang bisa dipakai untuk menulis di atas layar perangkat kombinasi tablet-ultrabook tersebut.

"Model ini kami tujukan buat profesional pengguna tablet dan ultrabook. Dengan Vaio Duo 11, mereka cukup membawa satu perangkat saja yang bisa menggantikan fungsi dua alat itu," ujar Leo Marathon, VAIO & Sony Tablet Product Sales Section Head PT Sony Indonesia.

Daya tahan perangkat hybrid ini, menurut Leo, berada pada kisaran 5 jam. Dia menjanjikan performa yang diperoleh akan setara dengan komputer Ultrabook non-hybrid.

Harga resmi Sony Vaio Duo 11 belum diumumkan, tetapi perangkat gabungan tablet-ultrabook ini dijadwalkan mulai tersedia pada November mendatang.

sony_vaio_notebooks
Sony Vaio E14P (kiri) dan Vaio T13 (gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Dua model komputer jinjing lainnya dari Sony yang sama-sama mengusung interface layar sentuh adalah Vaio E14P yang mengusung form factor laptop konvensional dengan grafis Radeon dan Sony T13 yang termasuk kategori Ultrabook.

Keduanya dikatakan akan mulai tersedia di Indonesia bersamaan dengan tanggal rilis Windows 8 pada akhir Oktober nanti.






references by kompas 
edited by agunkzscreamo

 
Like us on Facebook