October 2, 2012

Taukah Kamu ? Logo Android Diciptakan Oleh Wanita ?

Mungkin sampai saat ini sudah banyak orang yang mengetahui sejarah lahirnya Google Android. Namun tidak banyak orang mengetahui siapa desainer icon robot hijau tersebut.

Apabila mendengar kata Android, dalam pikiran pasti langsung tertuju pada satu operating system milik Google yang digunakan oleh banyak vendor smartphone saat ini. Android adalah salah satu operating system terbesar saat ini. Operating system ini memiliki satu icon khusus yang simple dan mudah diingat yaitu sebuah robot mungil berwarna hijau.




Robot hijau ini awalnya bernama Bugdroid, karena banyak orang yang lebih senang dan mudah menyebutnya dengan nama Android saja, maka jarang ada pengguna perangkat smartphone berbasis operating system ini menyebut nama aslinya. Bugdroid merupakan hasil kreasi dari salah seorang anggota Google Marketing Communications bernama Irina Blok pada tanggal 05 November 2007. 



Penciptaan logo atau icon ini tergolong singkat karena Google merilis SDK Android pertama kali pada tanggal 12 November di tahun yang sama. jadi hanya berselang 5 hari saja, akhirnya operating system milik Google tersebut memiliki logo.

Namun, di awal kemunculannya, banyak orang yang mengatakan bahwa Google mencuri desain dari sebuah game atari populer di tahun 90-an bernama Gauntlet: The Third Encounter. Uniknya, salah satu karakter di game tersebut memiliki desain dan nama Android. Tidak hanya itu saja, beberapa orang lainnya juga menyangkutkan dengan desain robot yang kerap muncul di film Star Wars.

Sesaat setelah isu penjiplakan tersebut merebak, sang desainer Bugdroid Irina Blok memberikan komentarnya. Dalam komentarnya, Irina menjawab bahwa desain Bugdroid tersebut adalah simbol internasional untuk Android sekaligus untuk pengindikasi platform open source itu sendiri.

"Tidak ada referensi budaya. Proses awalnya juga melibatkan sang pencipta desain pertama. Setelah mendapatkan izin maka kita segera mencoba mengira-ngira desain seperti apa yang cocok. Ini adalah desain pertama saya yang hanya membutuhkan waktu 5 menit dalam pembuatannya. Desain robot hijau ini adalah simbol internasional seperti halnya tanda di toilet airport untuk memisahkan tempat wanita dan pria," jelas Irina.

Irina juga menyebutkan bahwa logo tersebut mengalami beberapa kali perombakan sebelum ditetapkan sebagai icon Android seperti sekarang. Pemilihan warna hijau didasarkan atas nilai warna standar print PMS 376C dengan warna hex #A4C639. Irina menjelaskan bahwa hijau dapat kontras hampir dengan semua warna terutama warna-warna gelap.





Sekarang icon robot hijau bernama Bugdroid ini telah mewakili dari jutaan perangkat smartphone dan tablet yang beredar luas di pasaran. Simple, mudah diingat, lucu dan representasi dari produk adalah kekuatan dari Bugdroid itu sendiri. 



sumber: Pubarticles.com, Irinablok.com, Engadget.com, Droidforums.net, Oredeanul.com, Manyfoldreality.org, Webdesign.org, Thenextweb.com, merdeka

 
Like us on Facebook