October 5, 2012

Taukah Kamu? Tekanan Darah Tinggi atau Stress Saat Hamil Bisa Pengaruhi IQ Anak ?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan dan IQ anak sebenarnya berkaitan dengan keadaan ibu ketika mengandung. Ibu dengan tekanan darah tinggi cenderung melahirkan anak dengan IQ yang lebih rendah.


Penelitian ini dilakukan pada 398 pria dengan ibu yang memiliki tekanan darah tinggi ketika hamil. Para pria ini diteliti mulai dari ketika mereka berusia 20 tahun dan bergabung dengan angkatan militer Finlandia.


Pada usia itu, diketahui pria yang ibunya mengalami tekanan darah tinggi ketika hamil memiliki nilai pelajaran yang rendah. Kemudian penelitian dilanjutkan ketika pada pria berusia 69 tahun.
Secara mengejutkan, hasilnya sama dengan ketika mereka masih mudah. Dengan begitu, peneliti menyimpulkan bahwa tekanan darah tinggi yang dialami ibu hamil mampu mempengaruhi tingkat kecerdasan anak dalam jangka panjang kehidupan mereka.


"Tekanan darah tinggi selama kehamilan mampu mempengaruhi lingkungan janin," jelas Dr Katri Rdikvnen dari University of Helsinki.
"Penelitian kami menunjukkan bahwa penurunan kecerdasan pada usia tua seringkali bermula dari keadaan seseorang ketika masih dalam kandungan," tambahnya, seperti dilansir oleh Daily




references by merdeka

 
Like us on Facebook