October 2, 2012

Tips Agar Lebih Cepat Tidur

Susah tidur di malam hari memang menjengkelkan. Saat tubuh sudah capek dan mata masih belum bisa diajak kompromi, membuat esok hari terasa lesu. Kurang tidur juga menjadi penyebab pikiran susah untuk konsentrasi. Oleh karena itu, cukup waktu untuk tidur malam itu penting karena efeknya bisa menjalar ke mana-mana kalau tidak dipenuhi.
Dikutip CBS News dari laman Health, membiasakan diri untuk bisa tidur malam tepat waktu sebenarnya bisa dilatih. Ada beberapa hal yang mungkin bermanfaat untuk membuat mata lebih mudah terpejam di malam hari.


  1. Usahakan luangkan waktu untuk berolahraga kapan pun Anda bisa. Menurut studi dari University of Pittsburgh School of Medicine, melakukan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu yang dibagi selama tiga hari,bisa menjadi solusi mengatasi sulit tidur. Anda bisa melakukan kegiatan yang mengacu pada tindakan fisik atau secara khusus melakukan sesi latihan. Aktivitas ini bisa mengatur suhu tubuh yang dapat menjadi sebab berkurangnya rasa cemas dan depresi. Dan, berolahraga di sore hari bisa membantu untuk lebih mudah terlelap.
  2. Segera matikan lampu saat hendak tidur. Dalam keadaan gelap, tubuh akan memengaruhi pembentukan hormon melatonin yang membuat Anda cepat mengantuk. Kalau memilih tidak dimatikan, pakai lampu yang sinarnya lembut atau hangat. Hindari memilih lampu yang warnanya putih terang – seperti neon – karena memiliki komponen warna biru cukup kuat yang dapat mengganggu proses tidur.
  3. Matikan teve atau layar komputer, Smartphone . Kedua benda ini sama-sama memiliki komponen warna biru pada cahaya yang disebarkan, seperti halnya lampu neon. Hal tersebut bisa mengganggu jadwal tidur. Atau, jika Anda terbiasa tertidur dengan kondisi teve menyala, setel pengaturan pencahayaan ke pancaran yang redup.
  4. Jika Anda hobi membaca buku sebelum tidur, ganti penerangan dengan cahaya lampu yang hangat.  Selain itu, jangan jejali pikiran Anda dengan bacaan yang berat sehingga otak tidak bekerja berat dan mata mudah mengantuk.



references by sidomi

 
Like us on Facebook