MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

October 6, 2012

Tips Cara Mencegah Terkena Flu Saat Pergantian Musim

Baca Artikel Lainnya

Flu adalah penyakit yang paling sering menyerang pada pergantian musim seperti sekarang. Terlebih saat pertahanan tubuh lemah atau sedang lelah. Selain asupan vitamin, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menangkalnya. Menurut ahli kesehatan dari American Academy of Family Physicians, Glen Stream, MD, flu dapat dicegah hanya dengan menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan.



Rajin mencuci tangan
"Mencuci tangan setelah mengerjakan sesuatu adalah cara yang paling disarankan untuk mematikan perkembangan virus flu. Secara tidak sadar kita sering kali menyentuh wajah, tanpa menyadari bahwa bakteri sedang berkembang di tangan. Bakteri ini mungkin saja berpindah dari tombol elevator dan gagang pintu misalnya, keduanya menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang subur," demikian dikatakan ahli mikrobiologi Kelly A. Reynolds, MSPH, Ph.D., profesor di University of Arizona. 

Kebanyakan dari kita pun mencuci tangan dengan "basa-basi", hanya sekadar membasahi tangan dengan air. Menurut Reynold, mencuci tanganpun ada tekniknya. "Cuci selama 20 sampai 30 detik, termasuk antara jari dan punggung tangan. Gunakan sabun dan tindakan scrubbing membantu mengusir kuman yang tertanam dalam sel-sel kulit dan minyak pada kulit."

Hand sanitizer
Jika sulit menemukan air untuk mencuci tangan, sediakan hand sanitizier atau pembersih tangan berbasis alkohol di dalam tas atau meja kerja. cara ini memang tidak seefektif mencuci tangan, tapi Anda dapat melakukannya sebagai tindakan mengurangi resiko flu. 

Vitamin C
Asupan vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak ada salahnya Anda mengkonsumsinya saat pergantian musim seperti ini. Untuk mencegah dehidrasi, pastikan Anda telah mengkonsumsi banyak air putih sebelumnya.
 
 
 
 
 
references by viva

 
Like us on Facebook