October 12, 2012

Tips Cara Mengobati Saat Terkena Penyakit Flu

Memasuki masa pancaroba seperti ini, biasanya Anda akan mengalami gangguan seperti flu. Gejala-gejalanya akan datang dengan cepat tanpa dapat Anda duga sebelumnya. Hal ini sebenarnya terjadi ketika kekebalan tubuh Anda sedang menurun, karena sebelumnya Anda tidak cukup istirahat, tidak makan secara teratur dan memilih makanan yang bergizi, dan kurang minum air putih. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan kembali kekebalan tubuh, agar tubuh Anda mampu melawan virus yang menyebabkan ketidaknyamanan tersebut. Berikut adalah beberapa tip untuk meredakan dan mengatasi gejala flu dari Mayo Clinic.


Tidur lagi
Kalau sudah bekerja, atau melakukan aktivitas yang Anda sukai, Anda jadi sering melupakan istirahat. Begadang, lalu harus bangun pagi-pagi esok harinya dijalani saja tanpa banyak berpikir. Namun ketika Anda merasa tenggorokan mulai perih, badan meriang, hidung pun menunjukkan tanda-tanda akan pilek, segera lah untuk beristirahat. Bila mungkin, minta izin dari kantor untuk tidak bekerja. Kalau pun tidak tidur, sekadar membaringkan tubuh dan membiarkannya rileks akan membantu.
Banyak minum air putih
Resep ini sederhana dan sering diremehkan, padahal khasiatnya memang benar-benar nyata. Tubuh yang terhidrasi adalah kunci utama melawan beberapa gejala flu, seperti tenggorokan kering, sakit kepala, atau hidung mampet. Jika Anda merasa mual saat minum air putih begitu banyak, coba tambahkan perasan jeruk nipis. Minum air panas dengan sedikit jeruk nipis juga akan melonggarkan hidung yang mampet dan meredakan perut yang kembung.
Lemon dan madu
Tenggorokan perih, lalu suara mulai hilang? Ambil segelas air panas (sesuai tingkat panasnya dengan kekuatan Anda), lalu masukkan irisan jeruk lemon dan dua sendok makan madu. Minumlah selagi panas. Sebelum beristirahat, isaplah tablet lozenge untuk meredakan radang tenggorokan (bisa dibeli di apotek). Untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, konsumsi juga suplemen zat besi dan vitamin C untuk menghambat flu.

Makan sup ayam
Resep tradisional yang menganjurkan makan sup ayam kala sedang demam ternyata bukan sekadar membuat perasaan menjadi nyaman. Mengapa? Karena bahan-bahan dalam sup ayam mengandung zat antiradang yang mencegah penyebaran neutrophil ke saluran pernafasan. Neutrophil adalah sel darah putih yang dapat menimbulkan radang sebagai gejala demam.Sup ayam menghambat produksi ingus, dan uap hangatnya melancarkan rongga hidung. Kandungan bawang putih dan jahenya ampuh melegakan hidung dan menghangatkan.

Kumur air garam
Terganggu dengan dahak di tenggorokan? Kumur dengan air garam akan membantu. "Larutan garam bisa menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga membuatnya tidak begitu sakit," papar Dr Philip T. Hagen, pemimpin redaksi Mayo Clinic Book of Home Remedies. Berkumur juga akan mengencerkan lendir yang kental, yang bisa menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur, dari tenggorokan. Untuk mulai menerapkan kebiasaan ini, coba tuangkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, dalam gelas berukuran sedang. Setelah itu, berkumurlah selama beberapa detik.





references by kompas

 
Like us on Facebook