November 3, 2012

Biji Buah-Buahan Yang Bermanfaat

Saat memakan buah atau sayur biasanya hanya dimakan daging buah atau daun sayurnya saja. Sementara, bijinya dibuang, karena dianggap tak berguna.

Padahal, tanpa disadari, biji tersebut ternyata bagus untuk kesehatan. Soalnya, ada beberapa biji dari buah ternyata kaya akan vitamin dan antioksidan.  Berikut adalah empat biji buah yang sangat bagus bagi kesehatan, seperti dikutip dari Times of India:

1. Biji labu
Biji ini banyak mengandung lemak tak jenuh, kaya antioksidan serta vitamin. Biji labu dapat membantu mengurangi peradangan tanpa efek samping. Tak hanya itu, biji ini juga dapat meringankan depresi tanpa efek samping.


2. Biji bunga matahari
Biji ini kaya akan vitamin E yang dapat membantu fungsi sistem sirkulasi. Biji bunga matahari  juga memiliki efek menenangkan pada otak karena tingginya kandungan triptofan. Tritofan juga dapat menciptakan efek relaksasi.Biji bunga matahari ini sudah lama dikenal sebagai bahan kuaci. Biji cocok digunakan sebagai camilan yang enak, gurih dan  renyah.



3. Biji semangka
Terkadang orang makan semangka beserta bijinya. Namun, tak jarang juga mereka membuang bijinya saat makan semangka.  Biji semangka mengandung besi, kalium, vitamin, lemak dan kalori.




4. Biji wijen
Biji wijen merupakan bahan makanan paling banyak mengandung mineral di dunia. Biji ini kaya akan kandungan kalsium, magnesium, tembaga, besi, mangan, seng, vitamin, dan serat. Selain itu, biji ini juga kaya lignin yang berperan sebagai anti kanker. Biji wijen juga dapat diolah dengan digiling lalu dicampur bersama sayuran sebagai menu makan salad. 


 













references by republika

 
Like us on Facebook