November 3, 2012

Penjualan PC Diperkirakan Akan Menurun

Pasar PC akan turun 9 persen secara total mencakup penggunakan layar PC, desktop, notebook dan komputer CPU karena pertumbuhan aplikasi all in one lainnya.
"Meskipun turun, namun pasar data center PC masih akan ada seperti post register, sistem pos dan kasir yang masih menggunakan PC, pasar akan turun 9 persen karena digerus dengan produk lainnya seperti notebook," ujar Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Rudi Rusdiah dalam Indocomtech 2012 di Jakarta, Rabu (31/10). 



Ia mengungkapkan, pasar notebook akan naik sebanyak 14 persen, namun kenaikan ini juga akan diambil dengan pasaran penjualan tablet. 
"Perkembangan pangsa pasar di Indonesia untuk tablet bisa naik sekitar 91-97 persen sendiri. Notebook bisa dikalahkan dengan kehadiran tablet," ujar dia.

Namun proyeksi tahun depan, kata dia, penjualan komputer tetap naik 30 persen karena pengguna internet yang semakin besar. Diperkirakan sebanyak 50 juta orang untuk pengguna internet naik dan pengguna broadband sekitar 20 juta orang. 

"Tablet android akan berkembang pesat sekali tahun depan, dengan pertumbuhan 41 persen. Jadi tren sekarang ini adalah ancaman teknologi subtitusi dan kanibal antar gadget misalnya pasar PC digerus oleh notebook, notebook digerus oleh tablet, smartphone," ujar dia.
Ia menambahkan konvergensi punya harapan berkembang lebih baik kalau infrastruktur bagus dengan penyediaan istrik. "Misal jika memakai notebook, dengan hard disk data kecil harus pakai service google. Jadi tergantung kualitas broadband," kata dia.







references by 

 
Like us on Facebook