November 5, 2012

Super Komputer Milik Amerika Terbaru TITAN

Laboratorium Nasional Oak Ridge milik Departemen Energi Amerika Serikat meluncurkan komputer super bernama Titan yang mampu melakukan lebih dari 20 ribu triliun hitungan tiap detik atau 20 petaflop. Dengan menggabungkan ribuan prosesor komputer dan prosesor grafis yang dikembangkan untuk game, Titan 10 kali lebih kuat dibandingkan komputer super Jaguar besutan Laboratorium Oak Ridge tahun lalu. 



Dengan kemampuannya, Titan akan berguna bagi riset dalam bidang energi, perubahan iklim, material, serta riset lain yang membutuhkan kemampuan perhitungan ekstra cepat. Sistem Cray XK7 yang dimiliki Titan mempunyai 18.688 simpul, meng andung dua prosesor masing-masing, yaitu prosesor komputer AMD Opteron 6274 16 inti dan prosesor grafis NVIDIA Tesla K20. Total ada 299.088 inti prosesor yang membuat Titan mampu melalukan kalkulasi dengan kecepatan dan akurasi sangat tinggi sehingga mampu menyi mulasikan sistem fisik secara lebih realistis dan sangat detail. 

http://images.nationalgeographic.com/wpf/media-live/photos/000/606/cache/energy-new-titan-supercomputer-distant_60671_600x450.jpg

Ukuran Titan sama seperti Jaguar, namun mengonsumsi daya listrik lebih sedikit. “Tantangan utama komputer super saat ini adalah konsumsi daya. Dengan menggabungkan prosesor komputer dan prosesor grafis dalam satu system, akan membutuhkan lebih sedikit daya dibandingkan hanya prosesor komputer saja,’” kata Jeff Nichlos, salah satu direktur Laboratorium Oak Ridge dalam rilis resmi, Senin (29/10).

 http://gadgetronica.s3.amazonaws.com/wp-content/uploads/2012/11/titan-big.jpg





references by republika
images by:
gadgetronica, nationalgeographic.com

 
Like us on Facebook