MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

November 28, 2012

Tips Cara Mengatasi Mata Yang Lelah dan Stress

Baca Artikel Lainnya

Mata yang digunakan terlalu keras tentu akan begitu mudah lelah, khususnya bila Anda mempunyai segudang pekerjaan yang harus dikerjakan sampai harus begadang. Bermain game, menggunakan gadget/smartphone, dan menonton TV terlalu lama dan berlebihan walau untuk hiburan pun bisa berdampak buruk bagi mata. Gejala mata lelah dapat terjadi ketika Anda kurang tidur juga. Berikut bisa Anda coba beberapa cara mengobati mata lelah secara alami.

Membasahi bola mata dan menjaganya tetap lembab. Mata yang kering akan membuat mata terasa perih dan lelah. Jika mata sudah terasa lelah, lakukan saja sedikit peregangan atau pijatan untuk mengatasinya. 




Untuk mengurangi kelelahan mata dan stres:

1. Jika bertatapan langsung dengan layar komputer, usahakan untuk mengalihkan pandangan Anda ke tempat lain setiap 10 menit sekali. Alihkan pandangan Anda ke beberapa tempat lain di sekitar ruangan atau ke jendela selama beberapa menit.
2. Kemudian lakukan gerakan memutar bola mata membentuk lingkaran. Lakukan gerakan ini dari dua arah.
3. Biasakan memejamkan mata sejenak dan meregangkan wajah setiap satu jam sekali.

Meringankan mata yang sakit:
1. Gosok kedua tangan Anda dengan cepat agar telapak tangan menjadi hangat.
2. Kemudian pejamkan mata dan tempatkan telapak tangan ke mata.
3. Tahan kedua telapak tangan di kelopak mata sampai kehangatannya menghilang. Jika mata masih terasa sakit dan lelah, ulangi cara ini beberapa kali
4. Setelah sakitnya mereda, istirahatkan sebentar mata dan ambil nafas dalam-dalam


Terlalu banyak menggunakan computer dapat membuat mata anda mengalami kelelahan yang akhirnya dapat membuat mata mengalami beberapa gangguan seperti mata merah, berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Hal tersebut jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam kesehatan mata anda, anda tentu tidak ingin jika mata anda mengalami kerusakan. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa cara mengatasinya :

1.    Beristirahat

Menatap layar monitor terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Untuk itu, saat mata merasa lelah, ada baiknya jika anda segera beristirahat meskipun sejenak. Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan anda pada objek lain, agar mata anda tidak terlalu lelah.

2.    Berikanlah Jarak Dengan Layar Monitor
Menatap layar monitor terlalu dekat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mata, area punggung dan leher anda pun bisa terganggu karena pegal dan rasa sakit.  Untuk itu, berikanlah jarak antara tempat duduk anda dengan layar monitor. Buatlah posisi senyaman mungkin agar anda tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

3.    Kendurkan Otot Mata

Setelah seharian berada di depan computer mata anda akan merasa lelah. Untuk itu, kendurkan otot-otot mata dengan cara menggosok-gosokan kedua telapak tangan yang kemudian akan menghasilkan efek panas, setelah itu tempatkan jari-jari tangan yang terasa panas pada daerah atas mata. Rasa panas tubuh tersebut akan membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks.

4.    Sesuaikan Kecerahan Layar Komputer Anda

Layar computer yang terlalu cerah akan membuat mata anda mudah merasa lelah. Untuk itu, sebaiknya atur kembali kecerahan pada layar monitor, usahakan untuk tidak terlalu terang, agar mata anda tidak cepat merasa lelah.

5.    Gunakan Kacamata Anti Silau

Untuk mengatasi kecerahan yang berlebih pada layar monitor anda. Tidak ada salahnya mencoba cara lain dengan menggunakan kacamata anti silau. Agar mata anda senantiasa terjaga dari paparan cahaya yang terlalu kontras.

6.    Pijat Mata

Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit. Memijat adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata yang tegang.

7.    Berkedip

Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata anda kembali segar. Saat anda merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

8.    Rutin Periksakan Mata

Meski anda tidak berkacamata, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan kesehatan mata. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata.

Mata adalah salah satu panca indera paling penting. Selain itu, mata juga adalah jendela dunia, dengan mata yang sehat keindahan dan warna-warni dunia bisa anda lihat dengan mata. oleh karena itu menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan agar mata anda berfungsi dengan dengan baik.









references by kompas , Office Spa, Stress Relief for the Working Week oleh Darrin Zeer., akumata, bidanku

 
Like us on Facebook