November 13, 2012

Taukah Kamu ? Penggunaan Sarung Bantal Bisa Mencegah Keriput


 http://images03.olx.co.id/ui/1/66/17/11965917_1.jpg

Proses penuaan tak dapat dihindari. Namun, bukan berarti tidak bisa dihambat. Menghambat proses penuaan bisa melalui perbaikan gaya hidup, perawatan hingga teknologi kecantikan yang selalu berkembang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengungkapkan cara baru untuk membantu melawan aging. Dalam penelitian ini, tidur dengan menggunakan bantal yang bersarung serat tembaga bisa membuat Anda terbangun dengan kulit yang lebih segar dan cerah.

Seperti ion tembaga yang mudah diserap kulit, serat tembaga ini juga mudah diserap kulit wajah. Kandungan serat tembaga yang ada di sarung bantal ini membantu mengatur sekresi protein kulit dan menstabilkannya. Efeknya, serat tembaga ini akan memperbaiki struktur kulit dan mengurangi pembentukan keriput.

Penelitian ini dilakukan selama delapan minggu dengan studi acak terhadap beberapa peserta yang berusia 30-60 tahun. Peserta dibagi menjadi dua kelompok dimana satu kelompok tidur di atas bantal berserat tembaga, dan kelompok satunya tidak. Setelah delapan minggu, kelompok pertama ternyata mengalami penurunan signifikan terhadap keriput sebesar 9 persen (per bulan) dibanding dengan kelompok kedua. Para peneliti mengungkapkan bahwa cara ini bisa membantu mengurangi timbulnya keriput, membuat kulit terasa halus tanpa efek samping.

Namun, jika sulit menemukan sarung bantal berserat tembaga, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah keriput:

1. Perbanyak air
Cara ini memang bukanlah cara baru, tetapi ini sudah terbukti efektif mengurangi keriput. Air adalah rahasia untuk menghidrasi kulit dan membuatnya jadi lebih kenyal. Anda bukan hanya harus memperbanyak minum air putih, tapi juga menghidrasi kulit dengan banyak konsumsi buah serta sayur. Kandungan antioksidan dan serat yang ada di dalamnya bisa menahan air dalam sel lebih lama dibanding hanya minum air putih.

2. Olah raga
Malas berolahraga? Hati-hati, nanti kulit malah cepat rusak. Selain memberi manfaat kesehatan tubuh, ternyata olah raga punya tambahan manfaat yaitu membuat kulit jadi indah. Penelitian membuktikan bahwa perempuan yang rajin berolahraga akan memiliki kulit yang lebih kencang, sehat, dan segar dibanding mereka yang malas. Olahraga bisa membantu meningkatkan kandungan oksigen dalam tubuh yang digunakan untuk memperbaiki sel yang rusak serta meningkatkan produksi kolagen.

3. Kurangi gula
Gula merupakan salah satu dari 10 makanan paling bikin ketagihan. Gula bisa menyebabkan obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes. Selain itu, gula juga menjadi mimpi buruk bagi kecantikan karena membuat kulit jadi kusam dan berkerut. Untuk mengatasi berbagai kemungkinan bahaya tersebut, pangkaslah asupan gula buatan yang dikonsumsi per hari. Jika ingin menikmati gula, gantilah dengan gula alami dari buah atau madu.

4. Tenangkan diri
Setiap hari rasanya ada saja yang membuat Anda jadi stres atau marah. Terlalu banyak marah akan membuat kulit Anda berlipat dan banyak berkerut sehingga lipatan ini akan membentuk keriput. Sebaiknya, tenangkan diri Anda dengan menarik napas panjang. Atau sesekali tenangkan diri dengan pergi berlibur dan melakukan kegiatan yang menyenangkan.









references  by kompas, Readers Digest

 
Like us on Facebook