December 28, 2012

Artis Cantik FTV Cecilia Vickend Meninggal Dunia

Artis FTV Cecilia Vickend, 26, meninggal karena kanker lidah., Rabu (26/12/2012). Penyakit ini jarang ditemui di masyarakat.

 http://images.solopos.com/2012/12/Cecilia-Vickend.jpg

Meski begitu, jenis kanker mulut yang paling umum ini tidak boleh dianggap remeh. Menurut laman asiacancer.com, jenis kanker ini kebanyakan menyerang kaum pria dengan rata-rata usia 60 tahun.
Informasi lain menyebutkan, tingginya risiko terkena kanker lidah pada kaum pria terkait dengan kebiasaan merokok. Artinya, hal tersebut berlaku sama pada kaum perempuan perokok.

Pada kaum pria, kanker lidah dapat menyerang saat usia 20 sampai 75 tahun. Gejala awal kanker lidah mirip dengan sariawan. Bedanya, ketika lidah diraba ada pengerasan di sekitar luka. Sedangkan pada penderita sariawan, wilayah luka terasa lunak jika disentuh, dengan tempat luka yang berpindah-pindah tidak menetap seperti kanker lidah.

Penderita kanker lidah umumnya mengalami rasa sakit yang menjalar ke telinga dan leher, nyeri dan sulit menelan, serta lidah menjadi sangat terbatas pergerakannya.

Selain faktor merokok, kanker lidah juga bisa disebabkan kebiasaan menyusur tembakau, mengkonsumsi alkohol, trauma kronis pada gigi, rongga mulut tak bersih, dan luka akibat gigi palsu.


Dikenal Dermawan, Pernah Bayari Iuran Sekolah Teman



Kepergian Cecilia Putty Vickend, 26, artis FTV yang meninggal akibat kanker lidah membawa duka mendalam bagi para sahabatnya. Semasa hidup, Cecilia dikenal sebagai gadis baik hati yang dermawan.
Gadis cantik berusia 26 tahun itu sempat terlibat sejumlah acara amal dan sering menolong anak-anak yang memiliki kesulitan fisik. “Cecil bahkan punya adik asuh,” cerita Devie Brigida, ibu Cecil, seperti dikutip dalam blog Bantuinyuk.blogspot.com.

Bahkan ketika kondisi kesehatannya sempat jatuh, Cecil masih tetap ingin bertemu anak-anak yatim karena memang ada acara berbagi bersama mereka. Dalam blog tersebut juga diceritakan bagaimana Cecil pernah membayari uang iuran sekolah salah seorang temannya sewaktu SMA, serta memberinya uang untuk ikut study tour tanpa orang tersebut tahu.

Sosok Cecil, yang pernah beberapa kali main sinetron dan FTV ini, dikenal sebagai pribadi yang riang dan penuh semangat oleh teman-temannya.

Cecil meninggal dunia, Rabu (26/12) malam, akibat kanker lidah stadium 4 yang dideritanya selama tiga tahun terakhir ini. Awalnya, Cecil memiliki sariawan di lidah bagian kiri selama bertahun-tahun dan sempat bolak-balik ke dokter, sebelum akhirnya divonis menderita kanker lidah.
 


Sempat Bolak-Balik Ke Dokter Sebelum Divonis Terkena Kanker Lidah

Melalui blog Rumah Kanker yang ditulisnya pada 27 Oktober lalu, gadis 26 tahun yang biasa dipanggil Cecil ini menceritakan tentang awal mula penyakitnya. Cecil mengatakan dia memiliki sariawan yang tak kunjung sembuh selama hampir dua tahun di tepi kiri lidahnya.
Seorang dokter pernah menyarankan dia untuk melakukan biopsi di RSCM bagian poli bedah mulut, tapi kemudian dia mengaku merasa kecewa dengan layanan yang diberikan.

“Karena sudah tidak tahan lagi dengan rasa sakit dari sariawan ini, saya memutuskan untuk biopsi dan hasil yang keluar adalah ulkus menahun atau luka menahun. Yang saya sangat kecewa saat itu adalah penanganan dari dokter yang kelihatannya baru dokter muda. Ketika dibilang itu hanya luka, tetapi apa obatnya? Dokter itu pun bingung dan hanya menganjurkan memakai obat sariawan,” tulis Cecil dalam blog itu.

Setelah biopsi itu, keadaan Cecil pun makin menurun dan sempat mengalami vertigo, sehingga harus masuk rumah sakit. Tak lama berselang keluar dari rumah sakit, Cecil merasa ada benjolan sebesar bakso di leher kiri. Dia pun akhirnya diberi rujukan oleh dokter bedah mulut untuk melakukan biopsi ke dokter onkologi.
“Setelah melakukan MRI di RS Pertamina, dokter onkologi tersebut menyebutkan benar ini kanker tetapi untuk bisa tahu kanker ini ganas atau tidak, harus biopsi ulang di leher dan lidah,” tulisnya lagi.

Cecil pun terus mencari opini kedua hingga ketiga, namun hasilnya nihil. Dia juga sempat menjalani kemoterapi di Bukit Tinggi, namun malah terdapat benjolan di sebelah kanan. Setelah kemo ketiga pun hasil evaluasi tidak berubah dan benjolan jadi bertambah.

Melalui tulisannya itu, Cecil juga mengaku sempat mencari pengobatan herbal, namun tetap tidak mengurangi rasa sakitnya. Dia pun terpaksa menggunakan obat penenang yang mengandung morfin karena rasa sakitnya yang sudah tidak tertahankan lagi.

Akibat sejumlah perawatan, mulai dari kemoterapi hingga radioterapi yang dijalaninya, kondisi tubuh Cecil terus memburuk. Tubuhnya turun sekitar 15 kilogram, dia pun terpaksa makan dengan menggunakan selang. Meski kondisinya memburuk, semangat hidup Cecil tetap tinggi dan ini ditunjukkan melalui tulisan-tulisannya di blog.

Di paragraf terakhir, Cecil menulis, “Semoga share saya ini bisa menjadi pengalaman untuk yang sesama kanker lidah dan semoga kita semua bisa terus berjuang melawan penyakit ini”.
Cecil menghembuskan napas terakhirnya pada 26 Desember 2012 pukul 19.20 WIB.
 Her Blog


 Saya mengucapkan TURUT BERDUKA CITA BAGI KELARGA YANG DITINGGALKAN

SARAN DARI SAYA, BUAT KALIAN RAJIN-RAJINLAH  MENJAGA KEBERSIHAN MULUT DAN GIGI, JANGAN MENYEPELEKAN HAL YANG DIANGGAP KECIL...







references by kabar24, solo pos

 
Like us on Facebook