December 8, 2012

Flu ? Sembuhkan Dengan Obat dan Vitamin Ini

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, tak ada salahnya Anda mencoba beberapa suplemen yang mampu melawan virus flu.
Mencuci tangan, makan makanan bergizi dan latihan fisik merupakan cara ampuh untuk mencegah flu.
Namun bila Anda sudah terkena flu, tak perlu terlalu khawatir. Sebab, ada suplemen yang dapat Anda konsumsi untuk menyembuhkannya. Apa saja? Berikut penjelasannya. 

http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2009/08/06/article-1204682-05E50FAD000005DC-111_468x286.jpg 
 

1. Omega 3
Jika Anda tidak suka makan ikan, konsumsi suplemen omega-3 setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Suplemen ini mampu meningkatkan aktivitas fagosit, sel-sel yang melawan bakteri flu. Selain itu, omega-3 juga mampu melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.

2. Astragalus
Astragalus adalah akar dari pengobatan China yang merangsang produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Penelitian di tahun 2007 menunjukkan, bahwa astragalus meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada tikus. Meskipun demikian, harus diingat bahwa suplemen ini akan berkhasiat bila dikonsumsi selama enam sampai delapan minggu.

3. Echinacea
Ini merupakan tanaman herbal yang mampu meredakan flu dengan cepat bila Anda mengonsumsinya sejak awal mengalami gejala flu. Namun herbal ini juga mempunyai efek samping seperti diare dan gatal-gatal.

4. Vitamin D
Nutrisi seperti vitamin D baik untuk mencegah flu dan meningkatkan kekebalan tubuh. Orang dengan kadar vitamin D yang rendah lebih berisiko terkena infeksi pernapasan sebesar 36 persen ketimbang mereka yang mengonsumsi cukup vitamin D. 

5. Suplemen Ginseng
Mengonsumsi dua kapsul suplemen ginseng setiap hari membantu orang sembuh dari flu dua kali lebih cepat dibandingkan pasien yang memakai plasebo. Ginseng mengandung senyawa yang meningkatkan sel darah putih dan interleukin yang dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh.

6. Seng
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 30 mg suplemen seng sejak awal gejala flu mampu mempercepat kesembuhan. Tapi jangan mengonsumsi terlalu banyak, karena mengonsumsi seng lebih dari 50 mg per hari dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan menghambat penyerapan mineral penting lainnya.

7. Vitamin C
Anda dapat makan makanan atau buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C. Tetapi jika Anda tidak punya waktu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Sebuah studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa suplemen ini dapat mencegah dan mengobati flu. Namun, jika Anda mengambil terlalu banyak suplemen vitamin C, Anda bisa berisiko terkena batu ginjal, gangguan lambung, atau perdarahan.

 
Like us on Facebook