December 3, 2012

Kandungan Kafein Ternyata Bisa Membakar Kalori Lebih Banyak

Cara utama untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak tentunya adalah dengan berolahraga. Tetapi ada hal lain yang bisa membantu Anda, salah satunya adalah kafein.

Kafein adalah stimulan, dan stimulan cenderung meningkatkan kalori yang dibakar. Selain itu konsumsi kafein juga akan meningkatkan pasokan energi sehingga kita jadi lebih banyak bergerak. Kafein juga menyebabkan perubahan metabolik di tubuh yang memicu pembakaran kalori.

"Penelitian lampau juga menunjukkan 250 miligram kafein yang dikonsumsi dengan makanan akan meningkatkan kalori yang dimetabolisme sampai 10 persen," kata Jamie Pope, pengajar bidang nutrisi dari Vanderbilt University School of Nursing.

Meski jumlahnya tampak kecil, tetapi jika dilakukan terus efeknya bisa lumayan. Misalnya saja 75 kalori setiap hari dalam sebulan berarti lebih dari 2.100 kalori.

Manfaat pembakar kalori itu sebaiknya didapatkan dari sumber yang baik seperti teh hijau atau teh hitam yang kandungan lainnya melebihi efek buruk dari kafein.

Sebuah penelitian menunjukkan polifenol yang terdapat dalam teh hijau memiliki kandungan pembakar kalori lebih tinggi daripada yang bisa dilakukan kafein. Selain itu teh juga mengandung zat-zat yang akan menghambat penyerapan karbohidrat.

Dengan sederet manfaat tersebut, tentu lebih bijak jika kita memilih teh untuk membantu meningkatkan pembakaran kalori ketimbang minuman lain.













references by kompas

 
Like us on Facebook