December 14, 2012

Microsoft: Microsoft Office Untuk Perangkat Apple ? Sabar Dulu

Pengguna iOS yang ingin merasakan aplikasi Microsoft Office pada perangkat mereka nampaknya harus lebih bersabar. Aplikasi tersebut urung tersedia di App Store karena belum ada kesepakatan Apple dan Microsoft dalah hal bagi hasil.

Microsoft sepertinya keberatan dengan jumlah keuntungan yang harus mereka bagikan pada Apple setiap pembelian aplikasi Office versi iOS. Menurut informasi AllThingsD, Microsoft berusaha menurunkan jatah bagi hasil Apple terhadap Office iOS. Hal yang sama juga terjadi pada aplikasi SkyDrive Microsoft yang urung tampil di App Store karena kesepakatan bagi hasil yang belum tercapai.



Apple biasanya mengambil untung 30 persen dari setiap penjualan aplikasi di App Store, sisa 70 persennya menjadi hak developer. Kebanyakan developer setuju dengan aturan tersebut sebagai syarat aplikasi mereka masuk di App Store. Microsoft nampaknya keberatan dengan aturan tersebut dan berusaha mendapat bagian lebih banyak.

Keinginan Microsoft tersebut tentu ditolak oleh Apple. Menurut keterangan juru bicara Apple, Tom Neumayr, pada AllthingsD, aturan pada App Store dirancang secara konsisten dan adil untuk semua developer. Apple akan memperlakukan semua developer secara sama dan tidak membedakan apakah mereka perusahaan raksasa atau firma kecil.

Belum jelas bagaimana tindakan Microsoft terhadap keputusan Apple ini. Mereka bisa saja membatalkan peluncuran aplikasi Office pada iOS jika tidak tercapai kesepakatan dengan Apple.

Kabar masuknya Office untuk iOS sendiri telah muncul beberapa waktu lalu. Rencananya Microsoft akan meluncurkan aplikasi tersebut pada 2013. (merdeka)

 
Like us on Facebook