December 17, 2012

Pengguna Mac OS X ? Hati - Hati Trojan Virus OSX/Dockstar.A

Sebuah malware baru berupa trojan yang bernama OSX/Dockster.A dikabarkan menyerang sistem operasi Mac OSX besutan Apple. Trojan baru tersebut memiliki kemampuan seperti keylogger yang akan merekam apa saja yang diinputkan pengguna melalui keyboard pada sistem yeng telah terinfeksi.



Trojan OSX/Dockster.A tak hanya memiliki kemampuan seperti keylogger yang merekan input pengguna yang diketik melalui keyboard, tapi juga memiliki kemampuan untuk melakukan akses secara remote untuk akses melalui backdoor pada sistem yang terinfeksi. Trojan OSX/Dockster.A akan menghubungi server itsec.eicp.net setelah terinstall.

Sama seperti malware atau trojan yang menyerang Mac OSX lainnya, OSX/Dockster.A ini mengancam sistem yang telah terinstall Java dan menggunakan celah keamanan CVE-2012-0507 yang juga digunakan oleh trojan Flashback.

Trojan OSX/Dockster.A ini juga menggunakan layanan launch agent yang membuat trojan ini otomatis dijalankan saat komputer Mac dihidupkan atau setiap pengguna melakukan login di Mac OSX.

Pengguna Mac OSX dihimbau agar tak panik dan melakukan update sistem operasi Mac OSX dan Java yang terinstall di komputer Mac-nya. Tak hanya itu, pengguna juga dihimbau untuk menginstall perangkat lunak keamanan seperti malware scanner atau antivirus.

Macintosh atau Mac OSX kini memang tak lagi kebal virus dan trojan seperti yang diklaim Apple beberapa tahun lalu. Seiring meningkatnya pengguna Mac membuat pembuat malware tak hanya membuat malware untuk Windows, tapi juga membuat malware untuk Mac OSX.

Seperti yang dilansir dari CNET (03/12/2012), sebagian pengguna Mac memang jarang yang menginstall aplikasi keamanan seperti malware scanner dan antivirus layaknya pengguna Windows. Saat ini memang malware yang menyerang Mac OSX tak sebanyak malware yang menyerang Windows. Namun, jumlah malware Mac OSX akan terus tumbuh.
(sidomi)

 
Like us on Facebook