December 9, 2012

Tips Cara Memegang Serta Menggunakan Keyboard dan Mouse Komputer Yang Baik

Saat kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Hal tersebut bisa disebaban karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer, seperti pada tulisan sebelumnya mengenai lelah ketika mengetik di depan komputer yang ‘diadopsi’ dari posisi ketika bermain piano.

http://4.bp.blogspot.com/-RQ5tvkHa-BY/UDgjygou-EI/AAAAAAAAAWk/WfUumW5BO_w/s1600/optical-mouse.jpg

Mungkin ada baiknya kita mulai sekarang mengatur letak komputer atau posisi tubuh kita ketika menggunakan komputer, apalagi jika kita rutin menggunakannya dan cukup lama penggunaannya. Bagaimana sich posisi sehat tersebut? Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita terapkan;


1. Posisi Tubuh
Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.
-
2. Letak posisi Komputer
Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita (seperti pada no 1)
http://www.ahntaichi.com/images/computer-posture2.gif

3. Pengggunaan Mouse

 
Gambar posisi dan cara memegang mouse yang baik dan benar
 Gambar posisi dan cara memegang mouse yang baik dan benar 
4. Contoh Penggunaan keyboad yang baik dan benar

http://www.ergonomics.com.au/images/Tips_WS2.gif



 JIKA KALIAN INGIN MENGGUNAKAN KOMPUTER UNTUK JANGKA WAKTU YANG LAMA ADA BAIKNYA LAKUKAN PEMANASAN TANGAN TERLEBIH DAULU

 



DAMPAK DAN AKIBAT SALAH MENGGUNAKAN MOUSE DAN KEYBOARD


Jika kita salah dalam menggunakan komputer, keyboard dan mouse maka akan rawan pernyakit carpal tunnel syndrome/ sindrom karpal (istilah dalam kedokteran untuk kelainan pada otot lengan) sebagai salah satu efek dari kesalahan penggunaan mouse komputer.

Bagi Anda yang sering berada didepan komputer, coba perhatikan pergelangan tangan Anda. Apakah tampak terdapat kulit yang berwarna kecoklatan beda dengan warna kulit Anda yang lainnya. Kemudian, coba raba kulit Anda, apakah terasa seperti kapalan atau sedikit berbeda. Jika iya, itu merupakan salah satu hal yang disebabkan oleh penggunaan keyboard dan mouse. Selain itu, Anda akan merasa pegal atau nyeri pada bagian pergelangan tangan ataupun jari-jari tangan Anda. Apalagi jika posisi duduk Anda tidak benar. Anda juga akan merasakan pegal di sekitar leher dan bahu. 

Hal yang saya paparkan diatas, jangan dianggap remeh. Karena hal tersebut bisa jadi Anda terkena penyakit akibat seringnya menggunakan komputer. Penyakit tersebut dinamakan Carpal Tunnel Syndrome atau sering disebut penyakit CPS. 

Carpal Tunel Syndrome adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Selain gejala-gejala yang sudah saya sebutkan diatas, terdapat juga gejala-gejala lainnya. Seperti tangan atau pergelangan tangan agak lemah dan kaku, jari tangan terasa tak enak, kebas, mati rasa atau kesemutan terutama pada ibu jari, telunjuk dan jari tengah dan sering terbangun di malam hari karena tangan terasa nyeri dan sering disertai kesemutan. Bila sudah sangat parah benda yang dipegang tiba-tiba bisa terlepas begitu saja. Kemungkinan hal terburuk yang diderita adalah putusnya sendi pergelangan tangan yang menyebabkan tangan tidak dapat berfungsi sama sekali. Dan wanita tiga kali lipat terkena penyakit CPS ini dibandingkan pria. 

Jangan khawatir atau gelisah dengan penyakit CPS ini. Karena penyakit CPS ini pun dapat disembuhkan. Seperti melakukan terapi, dioperasi ataupun sebagainya. Namun, alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan terhadap penyakit ini. Beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Jarak pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm.
  2. Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5 – 15° lebih rendah dari posisi horizontal pandangan mata.
  3. Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor.
  4. Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90° begitu juga kaki.
  5. Atur bangku Anda, sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika Anda menggunakan keyboard.
  6. Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam). Lakukanlah sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melakukan pekerjaan Anda. Dan setidaknya istirahatkanlah mata Anda sejenak.
  7. Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan Anda.
  8. Gunakan penyangga kaki bila diperlukan.
  9. Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung Anda.
Itulah beberapa pencegahan yang bisa kita lakukan. Karena kesehatan sangat berharga nilainya. Sehingga benar adanya pepatah yang mengatakan “Lebih baik Mencegah daripada Mengobati”. Walaupun hal tersebut terlihat sangat remeh, namun hal itu janganlah diabaikan begitu saja. Karena sesuatu yang berawal dari hal kecil dapat menyebabkan suatu hal yang besar.








references by berbagai sumber

 
Like us on Facebook
Follow @A_BlogWeb
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS