December 8, 2012

Windows Phone Diprediksi Akan Lengserkan Blackberry Pada 2016

Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) mengungkapkan pangsa pasar sistem operasi mobile tahun ini dan prediksi pada 2016. Dalam laporan itu, IDC memprediksi pangsa pasar Windows Phone akan melebihi BlackBerry pada 2016 mendatang.



Tahun ini, Windows Phone yang hanya menguasai pasar 2,6 persen, diprediksi pangsa pasarnya akan mencapai 11,4 persen pada 2016. Sementara itu, pangsa pasar BlackBerry yang tahun ini 4,7 persen, pada 2016 justru diprediksi menurun menjadi 4,1 persen.

IDC mengungkapkan bahwa Windows Phone akan bertarung dengan BlackBerry untuk menempati posisi ketiga di pasar smartphone pada 2013. Namun, Windows Phone diyakini akan membuat kemajuan pada 2012 dengan kehadiran Nokia dan HTC yang akan kembali kokoh di dalam pasar smartphone.

Selain itu, kontribusi Samsung, dan beberapa vendor smartphone lain yang akan menggunakan Windows Phone akan semakin membantu pertumbuhan sistem operasi mobile milik Microsoft itu.

Sementara itu, masih dari laporan yang sama, dua sistem operasi lain yakni iOS dan Android, akan terus memimpin hingga 2016. Android masih di pucuk dengan memimpin pangsa pasar tahun ini sebesar 68,3 persen, tapi diperkirakan pada 2016 akan menyusut menjadi 63,8 persen.

Sedangkan, iOS yang saat ini mencetak angkat 18,8 persen, diprediksi akan mengalami pertumbuhan menjadi 19,1 persen.

"Pondasi pasar smartphone di seluruh dunia merupakan lanskap sistem operasi mobile yang selalu berubah,” tutur Research Manager tim Mobile Phone IDC, Ramon Llamas, seperti dilansir dari keterangan resminya, Rabu (5/12/2012).

“Android diperkirakan akan tetap di depan, tapi pada saat yang sama, Windows Phone hadir untuk mendapatkan pangsa pasar, mengingat mitra smartphone dan operator memberikan pengalaman berharga dalam menjual pengalaman berbeda yang ditawarkan Windows Phone," pungkasnya

 detail berita






references by okezone

 
Like us on Facebook