January 15, 2013

Hacker Anonymous Meretas Situs Web MIT Untuk Menghormati Aaron Swartz

Setelah tersiarnya kabar kematian Aaron Swartz, seluruh aktivis dunia maya mulai mengungkapkan belasungkawanya. Kali ini, Hacktivist Anonymous juga ikut mengucapkan belasungkawa dengan meretas situs MIT.

Seperti yang dilansir oleh Venture Beat (13/1), Aksi yang dilakukan oleh Anonymous ini ditunjukkan dengan menyerang website milik Massachusetts Institute of Technology, sebuah perguruan tinggi yang kerap melahirkan ahli-ahli teknologi tingkat dunia. Serangan ini dilakukan dengan merubah tampilan website tersebut menjadi sebuah halaman berlatar belakang hitam dengan tulisan berwarna merah menyala.
Dalam halaman tersebut, Anonymous menyampaikan bahwa tuduhan yang dialamatkan kepada Swartz merupakan penghancuran terhadap keadilan. Selama ini, Anonymous beranggapan bahwa Aaron Swartz justru telah berjasa dalam menyebarkan jurnal-jurnal ilmiah yang seharusnya berbayar secara gratis.
Atas kejadian ini, Anonymous juga meminta adanya reformasi terhadap undang-undang kejahatan komputer, penyalahgunaan hak cipta dan hak kekayaan intelektual demi terciptanya dunia maya yang bebas dan tak terkekang.
Tidak dijelaskan kenapa Anonymous memilih website MIT sebagai sarana untuk mencurahkan rasa belasungkawa mereka. Bisa jadi hal ini disebabkan karena kasus pidana yang dijatuhkan kepada Swartz akibat menyebarkan jurnal ilmiah MIT secara bebas.



Kelompok hacker Anonymous meretas situs Massachusetts Institute of Technology (MIT) sebagai tanda penghormatan kepada salah satu pendiri situs Reddit yang sekaligus aktivis internet, Aaron Swartz, yang meningal pada akhir pekan lalu. Aksi Anonymous ini menyerukan untuk menyusun kembali hukum kriminal dan kekayaan intelektual.

Dilansir dari ThenextWeb, Senin (14/1/2013), pada minggu malam, waktu Amerika Serikat (AS), situs MIT yaitu cogen.mit.edu and rledev.mit.edu telah diubah dan menampilkan pesan Anoymous yang juga dipublikasikan dalam siaran pers di Pastebin.

“Apakah pemerintah berkontribusi atau tidak dalam kematiannya, tuntutan pemerintah dari Swartz merupakan kegagalan aneh dari keadilan, sebuah perubahan dan bayangan perlawanan keadilan yang Aaron perjuangkan sampai mati yaitu membebaskan literatur ilmiah publik yang didanai dari sistem publikasi sehingga sebagian besar orang-orang yang membayar untuk itu bisa mengaksesnya, memungkinkan perbaikan kolektif dunia melalui fasilitas berbagi, merupakan sebuah cara ideal yang kita semua harus dukung," tulis Anonymous dalam pernyataannya.

Swartz merupakan seorang aktivis vokal yang membantu mendirikan standar Rich Site Summary (RSS) ketika ia berusia 14 tahun. Pria yang berperan dalam pendirian situs berita sosial Reddit ini meninggal bunuh diri pada akhir pekan lalu dalam usia 26 tahun.

Sebelum kematiannya, Swartz dituduh telah mengunduh jutaan makalah dari database akademik Journal Storage (JSTOR) melalui jaringan MIT. Keluarga Swartz mengatakan dalam sebuah pernyataan, keputusan Kejaksaan Massachusett, Amerika Serikat dan MIT telah berkontribusi terhadap kemantiannya.

Menindaklanjuti pernyataan pihak keluarga, Presiden MIT berkomitmen menyelidi peran universitas itu dalam kasus tersebut.


MIT Selidiki Kasus Gantung Diri Kreator RSS

Presiden dari Massachusetts Institute of Tehnology (MIT), Leo Rafael Reif mengumumkan akan melakukan investigasi atas keterlebitan institusi pendidikannya dalam kasus bunuh diri Aaron Swartz.

"Sekarang adalah waktunya setiap orang yang terlibat untuk merefleksikan tindakan mereka, termasuk kita semua di MIT. Saya telah meminta profesor Hal Abelson untuk memimimpin analisis mendalam tentang keterlibatan MIT dari kasus ini," tulis Reif seperti dikutip dari Mashable, Senin (14/1/2013).

Lief menambahkan bahwa pasca penyelidikan selesai, pihaknya akan memberikan laporan kepada publik. Seperti diketahui, Swartz merupakan sosok  yang memperjuangkan prinsip keterbukaan informasi didakwa melakukan penipuan komputer dan kejahatan lainnya pada Juli 2011.

Pria yang tewas dalam usia 26 tahun itu dituduh mencuri lima juta artikel dari arsip komputer MIT. Selain itu, ia juga diberondong 13 tuduhan kejahatan, termasuk melakukan kercurangan melalui komputer dan memperoleh informasi secara tidak sah dari komputer yang "rahasia."

Pihak keluarga Swartz menyatakan, Massachusetts Institute of Technology (MIT) memiliki kontribusi terhadap aksi gantung diri yang dilakukan Swartz. "Saya ingin mengungkapkan dengan sangat jelas bahwa saya dan kami semua di MIT sangat sedih atas kematian Swartz. Sungguh menyakitkan untuk berfikir bahwa MIT memiliki peran dalam serangakian peristiwa yang berakhir tragedi," tutupnya.











references by merdeka, okezone,

 
Like us on Facebook