January 19, 2013

Hati-Hati Kencing Tikus Di Lokasi Banjir ! Bisa Menyebabkan Penyakit Leptospirosis

Banjir yang terjadi di berbagai wilayah saat musim hujan, menyebabkan berbagai penyakit muncul dan mewabah di masyarakat. Termasuk sebuah penyakit yang bernama leptospirosis.

Leptospirosis ini disebabkan oleh bakteri leptospira yang biasanya terdapat pada kencing dan kotoran tikus. Saat air meluap kemana-mana, maka otomatis bakteri tersebut pun turut tersebar dan berisiko menjangkiti tubuh manusia.




Cara penyebaran bakteri tersebut, hingga menyebabkan penyakit leptospirosis adalah dengan masuk ke tubuh manusia melalui luka yang terbuka, dan juga makanan.

Jadi, apabila Anda memiliki luka di daerah sekitar kaki atau bagian tubuh yang terkena air banjir, dan kebetulan terdapat bakteri dari kencing tikus, maka dengan mudah dapat terinfeksi.

Yang berbahaya adalah jika bakteri tersebut sampai menginfeksi otak manusia. Penyakit leptospirosis dapat menyebabkan kematian.

Gejala penyakit tersebut diantaranya adalah demam, pusing, muntah dan nyeri-nyeri pada otot. Beberapa juga mengalami mata merah. Bila sudah seperti ini, maka segeralah membawa pasien ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Pencegahannya adalah dengan menjauhi lokasi banjir atau genangan air kotor saat Anda menderita luka terbuka di bagian kaki atau tangan. Gunakan penutup seperti plastik atau sepatu boot jika memang Anda terpaksa melewati lokasi banjir. Waspadalah.








references by http://adf.ly/HXyAk

 
Like us on Facebook