January 20, 2013

Tips Cara Merawat Rambut atau Kulit Kepala Pada Anak

Rambut si kecil rontok? Atau ada ketombe di kulit kepalanya? Itu memang dua masalah kesehatan kulit kepala dan rambut yang kerap terjadi pada anak-anak, terutama usia 1-12 saat sedang aktifnya bergerak. Rawatlah kulit kepala dan rambut anak untuk mencegah munculnya masalah ini.


 

Supaya kulit kepala dan rambut anak sehat dapat dilakukan perawatan dengan cara berikut seperti disarankan Dr Eddy Karta, SpKK:
 
Cuci dengan sampo khusus anak.
Kulit kepala tertutup oleh rambut, terkadang sulit membersihkannya jika hanya dengan air. Karena itu, cucilah rambut dan kulit kepala menggunakan sampo supaya sel kulit mati tidak bertumpuk atau kotoran yang menempel bisa dibersihkan.

Pilih sampo sesuai usia anak. Jika masih bayi pilih sampo khusus bayi. Sebaiknya tidak menggunakan sampo orang dewasa untuk anak-anak karena karakter kulit kepalanya dan rambutnya berbeda.

Selain membersihkan, sampo juga bisa menyehatkan kulit dan rambut karena sampo dilengkapi vitamin. Tidak ada aturan baku berapa kali anak harus menggunakan sampo. Yang jelas, ketika kulit kepala dan rambut anak kotor, penuh keringat, ketumpahan susu, atau berminyak perlu dibersihkan dengan sampo.
 
Lindungi kepala.
Kondisi kulit kepala dan rambut sangat dipengaruhi oleh suhu udara, kelembaban, dan iklim. Ketika cuaca sedang terik, minta anak menggunakan pelindung kepala, seperti topi atau payung, sehingga kepalanya terhindar dari keluarnya keringat yang terlalu banyak dan paparan sinar ultraviolet yang membahayakan. Jika terpaksa tidak menggunakan pelindung kemudian muncul banyak keringat, ketika mandi bersihkan dengan menggunakan air mengalir atau sampo.
 
Jangan terlalu sering mandi dengan air panas.
Ketika musim hujan, cuaca terasa lebih dingin. Banyak anak yang ingin mandi dengan air hangat. Boleh saja namun sebaiknya tidak terlalu sering sebab dapat menyebabkan minyak rambut semakin terkikis. Akibatnya rambut mudah rontok, patah, atau kering.
 
Periksakan ke dokter.
Bila setelah dirawat, keluhan ketombe tidak kunjung hilang, penyebarannya malah semakin lebar dan kian mengganggu, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Mungkin dibutuhkan pengobatan yang tepat, akan dicari penyebabnya. Mungkin akan terinfeksi bakteri yang penanganannya harus dengan obat.
 
Perawatan tambahan.
Bila perlu, lakukan perawatan tambahan supaya kulit dan rambut kepala anak lebih sehat. Ibu bisa mengolesi rambut anak dengan lidah buaya, vitamin E, atau melakukan creambath. Lidah buaya dengan kandungan aloe vera bisa membuat batang rambut lebih kuat, berkilat, dan tebal. Demikian pula dengan pemberian vitamin E, membuat kulit dan rambut lebih sehat. Creambath pun sebenarnya sama, kulit dan rambut kepala anak dibersihkan serta diberikan vitamin penyehat dan penyubur rambut.









references by http://adf.ly/Hd8l5

 
Like us on Facebook