February 6, 2013

Facebook Raksasa Jejaring Sosial Berulang Tahun


Facebook, situs iseng yang menjelma jadi raksasa

Tanggal 04 Februari waktu Amerika Serikat, Facebook akan merayakan ulang tahunnya yang ke-9. Simak sekilas perjalanan Facebook dari awal pendirian sampai menjadi raksasa jejaring sosial seperti sekarang.

Sebelum menciptakan Facebook, Mark Zuckerberg terlebih dahulu menciptakan jejaring sosial lain yang bernama Facemash pada tanggal 28 Oktober 2003. Untuk suksesnya situs tersebut, Zuck -panggilan Mark Zuckerberg- harus meretas dan masuk ke data base jaringan komputer Harvard.

Setelah berhasil masuk, Zuck menyalin banyak gambar di data base tersebut untuk diunggah lagi ke Facemash. Dalam waktu singkat, Facemash berhasil mendapatkan pengguna sebanyak 450 orang dalam waktu hanya 4 jam saja.

Sayangnya, aksi yang dilakukan Zuck diketahui pihak kampus dan Zuck dihukum dengan dakwaan telah mencuri data, menembus keamanan jaringan, melanggar hak cipta dan melanggar privasi individu. Karena ulahnya tersebut, Zuck terancam di keluarkan dari Harvard. Namun, untung saja, pihak Harvard membatalkan hukuman tersebut.





The Facebook, nama awal sang raksasa

 http://415vince.com/wordpress/wp-content/uploads/2009/03/facebook20051.jpg

Berkaca pada kejadian Facemash, Zuck mencoba mengembangkan situsnya itu lebih luas dan lebih berfitur. Pada tanggal 04 Febuari 2004, Zuck meluncurkan situs tersebut dengan nama The Facebook (Thefacebook.com).

Awalnya, The Facebook hanya tersedia untuk kalangan mahasiswa Harvard dan hanya mempunyai 4 pengguna saja.

Popularitas The Facebook terus naik, bahkan pada bulan pertama saja, hampir separuh dari mahasiswa di harvard telah mendaftar di situs tersebut. Karena popularitasnya terus menanjak, seperti dilansir IBN Live (04/02), pada bulan Maret 2004, Zuck mulai membuka lingkup situs besutannya tersebut ke universitas lain seperti University of Boston, University of New York, MIT dan merambah banyak universitas lain di seluruh Kanda dan Amerika Serikat.

Masih di pertengahan tahun yang sama, Sean Parker, seorang pengusaha, diangkat sebagai presiden perusahaan. Pada bulan Juni 2004, The Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Di bulan yang sama, The Facebook menerima investasi pertamanya dari Peter Thiel, seorang pendiri pendamping PayPal.
Pada bulan September 2004, The Facebook mulai memperkenalkan fitur Wall yang berfungsi sebagai kolom penulisan status. Pada tahun 2005, Facebook membuang awalan The mereka dan meresmikan nama Facebook.com. Nama untuk Facebook.com tersebut dibeli dengan harga sebesar USD 200 ribu.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/1/12/Original-facebook.jpg


Ketika sang raksasa mulai berjalan dan membuka diri



Pada bulan September 2005, Facebook mulai berekspansi ke sekolah-sekolah menengah atas. Hanya saja, pada waktu itu Zuck masih memberlakukan sistem undangan kepada siapa saja yang ingin bergabung dengan situs besutannya itu.


http://www.siliconrepublic.com/fs/img/news/201101/rs-426x288/facebook-login-page.jpg 
Tidak hanya untuk anak sekolahan saja, pada bulan Mei 2006, Facebook juga memberlakukan peraturan tersebut ke semua golongan termasuk karyawan. Bahkan karyawan sekaliber Apple atau Microsoft-pun harus mempunyai undangan agar dapat mempunyai account di situs ini.

Akhirnya, sejak tanggal 26 September 2006, Facebook mulai 'membuka diri' dengan mempersilakan siapa saja yang berusia di atas 13 tahun untuk dapat mendaftar di situsnya dengan cara mengirimkan email yang sah.

Pada bulan yang sama, Facebook memperkenalkan News Feed yang berfungsi sebagai penampil status atau apapun yang dituliskan olehnya atau teman di friendlist dalam satu tempat. Sayangnya, munculnya fitur News Feed ini menjadi suatu masalah baru bagi Facebook karena News Feed adalah fitur yang biasa digunakan oleh situs lain.

Facebook juga merilis apa yang dinamakan Platform atau sebuah sistem yang mempersilakan pengembang luar agar dapat mengembangkan fitur dan tools lain yang dapat digunakan di Facebook seperti game, kuis atau juga fitur foto, pada bulan Mei 2007. Dimulai dari cara ini, Facebook mulai berorientasi pada bisnis.

Tanggal 24 Oktober 2007, Facebook menjual sahamnya sebesar 1,6% atau senilai USD 240 juta ke Microsoft. Dengan pembelian saham tersebut, maka Microsoft mempunyai hak untuk menempatkan iklan internasional mereka di Facebook.

Pada bulan November 2007, Facebook kembali meluncurkan program baru yang dinamakan Beacon. Program ini adalah fitur yang dapat mempublikasikan aktivitas penggunanya ke banyak situs di internet secara langsung. Karena melanggar privasi, akhirnya Facebook menutupnya.




Kerja keras Facebook menuai hasil

 Facebook mengangkat Sheryl Sandberg sebagai Chief Operation Officer (COO) pada bulan Maret 2008. Satu bulan setelahnya, atau bulan April, Facebook memperkenalkan fitur baru yang dinamakan Facebook Chat. Pada bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan akan membuka kantor internasional mereka yang pertama di Dublin, Irlandia.

Di awal tahun 2009, Facebook kembali merilis satu fitur yang terkenal dan menjadi salah satu icon populer dunia yaitu Like. Fitur ini berfungsi sebagai penanda apabila salah seorang pengguna Facebook menyukai status, sharing atau apapun yang terdapat di News Feed atau Wall pengguna lainnya atau bahkan miliknya sendiri.

 http://creativefan.com/files/2010/12/4.jpg

Hanya membutuhkan waktu singkat saja, pada bulan Juni 2009, Facebook berhasil mengungguli popularitas MySpace milik dari News Corp dan menjadi situs jejaring sosial nomor satu di Amerika Serikat. Berselang beberapa bulan setelahnya, pada bulan Oktober 2009, Facebook mengumumkan bahwa cash-flow mereka terus menanjak untuk pertama kali.

Pada bulan Agustus 2010, Facebook merilis fitur lokasi yang berfungsi untuk memberitahukan siapa saja tentang tempat atau letak penggunanya secara real-time atau juga tempat yang ada di foto. Film tentang Facebook dan Zuck, The Social Network, berhasil meraih 8 nominasi di Academy Awards dan memenangkannya untuk 3 kategori pada bulan Oktober 2010.

Menurut pantauan dan analisis dari SecondMarket.com di bulan November 2010, Facebook berhasil menjadi perusahaan web terbesar ketiga di Amerika Serikat di bawah Google dan Amazon. Bahkan di pasaran bursa, nilai Facebook mencapai USD 41 miliar.

Facebook mulai mengalami pasang surut


Di awal 2011, Facebook berencana untuk pindah ke kantor barunya di Menlo Park, California. Pada bulan Maret 2011, Facebook telah menghapus sekitar 20 ribu profil setiap hari atas berbagai alasan seperti spam, konten tidak pantas, pemakai di bawah umur dan karena banyak hal lainnya.

DoubleClick mengumumkan hasil penghitungan mereka bahwa Facebook adalah perusahaan web yang paling banyak dikunjungi di dunia dan meraih sekitar satu triliun page view sampai bulan Juni 2011, sayangnya banyak yang meragukan penghitungan statistik tersebut.
Pada bulan September 2011, Facebook kembali merilis satu fitur yang dinamakan Timeline. Fitur ini merupakan versi baru dari profile yang lama dan dapat memperlihatkan secara penuh tentang profil pribadi sang pengguna.

Akhirnya di bulan Desember 2011, Facebook telah memindahkan semua inventarisnya dan resmi pindah ke Menlo Park, California.

Pada bulan Januari 2012, fitur Timeline dijadikan sebagai fitur yang wajib digunakan oleh pengguna Facebook. Berselang satu bulan setelahnya, Facebook menggelar Initial Public Offering (IPO). Sayangnya, saham Facebook justru jatuh beberapa jam setelah perilisan IPO.

Untuk menyeragamkan dalam satu tempat saja, pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center. Produk baru Facebook ini dapat dibilang sebagai 'toko' yang menjual banyak game atau aplikasi dan terhubung langsung dengannya. Pada bulan April 2012, Facebook berhasil mengakuisisi startup kecil bernama Instagram senilai USD 1 miliar.

Di tahun 2012, Banyak sekali fitur-fitur baru yang dirilis Facebook, mulai dari integrasi dengan sejumlah operating system mobile seperti Android, iOS sampai Windows Phone juga diluncurkan. Bahkan tidak hanya itu saja, pengembangan tampilan dan segala hal, terus dilakukan Facebook di tahun 2012.

Di awal 2013, satu hal yang cukup menghebohkan adalah Facebook segera meluncurkan satu produk baru yang dinamakan Graph Search. Walaupun pihak Facebook sendiri tidak menganggap bahwa produknya tersebut adalah saingan mesin pencari Google, namun dari proses pencarian dan beberapa hal lainnya, mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Google.

Dengan ulang tahunnya yang ke-9 ini, banyak pihak berharap bahwa baik itu saham atau juga segala hal yang berkaitan dengan Facebook dapat lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya.






Happy BirthDay Facebook ^-^


















references by Dwi Andi Susanto; merdela
modified by agunkzscreamo

 
Like us on Facebook