February 27, 2013

Manfaat Serta Kegunaan Mandi Air Dingin Untuk Kesehatan

Mandi air dingin ternyata lebih menyehatkan, sebab dapat membuat sistem imun tubuh meningkat. Memang, pada beberapa kondisi mandi air hangat dibutuhkan. Namun manfaat bila menggunakan air dingin untuk mandi dan membersihkan tubuh lebih banyak.

Berikut ini di antara manfaat mandi air dingin seperti dilansir metrotvnews:
  • Melancarkan sirkulasi. Ingatkah Anda bila usai mandi air hangat saat cuaca dingin, maka suhu akan terasa lebih dingin di kulit? Sebaliknya, usai mandi air dingin maka suhu yang dingin tak lagi terasa begitu menggigit. Ini karena sirkulasi darah berjalan lambat saat Anda mandi air dingin. Karena sirkulasi lambat, maka proses pembuangan racun tubuh akan lebih baik. Selain itu pengerasan arteri pun terhindar.
  • Kulit sehat. Mandi air dingin akan menutup pori-pori tubuh, dan mencegah kotoran masuk ke dalamnya. Kulit yang bersih dari kotoran akan membuat jerawat jarang hadir.
  • Rambut sehat. Lemak akan mudah larut bila Anda mandi menggunakan air hangat. Ini buruk bagi rambut, sebab kutikula yang terbuka dan kehilangan lemaknya membuat rambut kering dan pecah-pecah.
  • Sistem imun kuat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa mereka yang sering mandi air dingin punya sel darah putih yang lebih banyak, sehingga sistem imun tubuhnya kuat.
http://memeblender.com/wp-content/uploads/2012/01/me-gusta-meme-hot-and-cold-water.jpg

 
Like us on Facebook