March 20, 2013

Alasan Sulit Melupakan Cinta Pertama

Semua orang pernah mengalami cinta pertama. Entah cinta pertama itu berbalas, hanya sebatas memandang dan tak terucap, atau bahkan cinta pertama yang berlangsung hingga jenjang pernikahan. Semua rasa cinta pertama itu sama, manis dan sulit dilupakan. Ingat, cinta pertama bukan cinta monyet, tetapi cinta yang benar-benar terasa sampai ke hati.

 http://i1097.photobucket.com/albums/g354/tukiman1/pim/tumblr_lm941ebPdy1qbk4rko1_500.jpg


Menurut para ilmuwan, cinta pertama yang sudah tertanam tak bisa dihapuskan dari ingatan. Kenangan cinta pertama bisa membuat orang mengalami ketagihan lebih kuat dibandingkan narkoba jenis apa pun. Banyak orang dewasa tidak berdaya menahan jatuh cinta lagi kepada dambaan hatinya semasa remaja.

Menurut penelitian, satu dari lima pria kebanyakan ingin menghidupkan kembali asmara dengan mantan pacar pada cinta pertama. Kebanyakan pria yang memiliki kecenderungan ini, kata seorang psikolog, karena mereka memiliki kecerdasan emosional yang lebih rendah.

Dari survei tersebut terungkap, seperempat dari pria Inggris ingin kembali kepada kekasih pertamanya. Sebanyak 21 persen pria Inggris mengatakan mereka merencanakan pertemuan rahasia dengan kekasih pertamanya sekaligus untuk mengenang masa berpacaran dulu. Sedangkan 24 persen mengaku mereka masih nafsu dengan mantan kekasihnya itu.

Sebanyak 14 persen kebanyakan pria berhubungan kembali dengan mantan kekasih pertamanya karena berharap bisa menyalakan kembali api gairah masa lalu. Sedangkan satu dari enam pria menghubungi kembali mantan kekasihnya.

Survei yang dilakukan dari pria Inggris ini terbukti paling ahli menipu pasangannya saat ini. Pasalnya, sebanyak 19 persen mereka berbohong soal menjalin kontak lagi dengan mantannya. Sementara 100 persen pria yang melakukan kontak dengan mantannya mengatakan mereka ingin kembali berpacaran seperti dulu.

Lalu bagaimana dengan wanitanya? Meskipun wanita cenderung untuk mendapatkan kontak dengan mantan pertamanya, empat dari sepuluh orang mengakui dengan tenang bahwa mereka hanya ingin merayunya. Hal ini diperkuat dengan survei bahwa 74 persen wanita menggunakan Facebook untuk berhubungan kembali dengan mantannya. Sementara pria hanya 33 persen yang ingin berhubungan melalui e-mail dengan mantannya dan text messages sebanyak 31 persen.

Dalam hal ini, seorang psikolog, Profesor Cary Cooper dari Lancaster University, mengatakan, menjalin kontak dengan mantan kekasih hanya untuk menghidupkan gelora lama merupakan hal yang tidak sehat dan bisa merusak emosional seseorang. “Cinta pertama memang meninggalkan bekas dan cenderung memiliki emosional yang besar. Dan menjadi pengalaman yang kuat sehingga memberikan memori yang menyenangkan dan ingin diulang kembali," katanya.

“Itu suatu kesalahan karena berpikir 10 atau 20 tahun ke depan akan sama, padahal keadaan kita berubah dan sudah memiliki tanggung jawab yang besar,” kata Cooper.

Menurut dia, biasanya orang-orang, terutama pria, tidak puas dengan hubungan saat ini dan takut menghadapinya. ”Itu adalah pelarian, dan menghindari masalah itu tidak sehat karena situasi sudah berubah, sudah memiliki anak. Masalah yang sedang dihadapi tidak akan selesai karena terbuai dengan gelora masa lalu.”

Menurut Cooper, pria memang rentan akan kenangan masa lalu karena emosional pria lebih rendah daripada wanita. “Karena pria kurang monogami dan kecerdasan emosional mereka lebih rendah. Facebook telah membuat kontak dengan teman lama dan menumbuhkan kembali gelora sehingga memunculkan kembali kegembiraan. Tapi itu merupakan kesalahan karena pada akhirnya akan habis semuanya," kata Cooper.




Mengapa cinta pertama begitu menggoda dan hampir tidak mungkin dilupakan selamanya? Inilah penjelasannya:
  • Saat mengalami cinta pertama, hati masih kosong dan baru pertama kali merasakan getar-getar suka. Perasaan luar biasa ini membuat seseorang merasa sangat spesial, "Ternyata saya bisa jatuh cinta," Jatuh cinta selalu luar biasa, karena itu cinta pertama akan terasa selamanya.
  • Manusia punya kecenderungan untuk mengingat masa-masa terbaik dalam hidupnya. Jika hubungannya saat ini mengalami masalah, maka dia akan membandingkan dengan cinta yang paling manis, yaitu cinta pertamanya. Hal ini sebenarnya tidak baik, karena sang wanita akan cenderung membandingkan pasangannya saat ini dengan pria yang menjadi cinta pertamanya.
  • Yang pasti, jika cinta pertama Anda berbalas, Anda akan merasa sangat luar biasa. Ada orang 'asing' yang bisa memberi cinta yang sangat besar, sehingga Anda akan merasa jadi wanita yang sangat spesial. Perasaan luar biasa itulah yang seringkali membuat wanita tidak bisa melupakan perasaannya pada sang cinta pertama.
  • Ketika Anda melihat senyum  orang yang disukai ke arah kita, entah kenapa hati akan menjadi sangat senang.
  • Pengalaman pertama dalam hal apapun selalu berkesan. Kenangannya akan sulit dilupakan, maka dari itu, namanya cinta pertama, cinta yang paling sulit dilupakan. Bahkan, jika cinta pertama itu meninggalkan bekas yang menyakitkan.


 Nanti akan ditambahkan hal lainnya kalo lagi ada ide atau inspirasi yg nyangkut diotak aku :D
Mau nambahin lainnya ? tambahin di komentar :)

Mungkin film A Crazy Little Thing Called Love bisa bikin kalian mengerti arti cinta pertama dan netesin air mata :')

 http://25.media.tumblr.com/tumblr_m828puZG031qcpvj3o1_500.jpg













references by http://adf.ly/LF6rn, http://adf.ly/LMCbK
modified by agunkzscreamo

 
Like us on Facebook