March 11, 2013

Apple Membuat Sistem Baru Agar Bisa Pengguna Dapat Menjual Hasil Download


http://www.rifuture.org/wp-content/uploads/Apple-Logo.jpg

Apple bisa membuat sebuah sistem yang memungkinkan orang-orang menjual musik, film, dan e-book yang sebelumnya hasil unduhan.

Pasar digital ini, yang dirinci dalam permohonan paten Apple, bisa terbukti kontroversial dengan pemegang hak cipta yang berpotensi keberatan dengan barang-barang mereka yang dijual kembali sedemikian rupa.
Amazon juga telah mematenkan sistem serupa, dimana pemilik asli dapat menyerahkan hak untuk mengakses sebuah produk, kepada orang lain secara online.


Sementara menjual hard copy dari barang bekas seperti CD dan game komputer telah lama menjadi praktik yang diterima, namun menyangkut barang-barang digital masih merupakan konsep yang relatif baru.
Beberapa publisher telah menyatakan keprihatinannya bahwa penjualan tersebut bisa mendevaluasi pasar online, mengingat produk digital tidak mengalami keausan seperti barang fisik.

ReDigi, sebuah perusahaan yang sudah menyediakan media untuk menjual barang-barang digital yang tidak diinginkan lagi, tengah digugat oleh industri musik.

Perusahaan ini berpendapat bahwa pengguna tidak menyalin barang, tetapi situs tersebut hanya memfasilitasi pembelian dan penjualan file antara pembeli online.

Pengadilan Eropa juga telah memutuskan bahwa setiap orang memiliki hak untuk menjual perangkat lunak yang diunduh.

Aplikasi paten Apple, yang dirilis oleh US Patent and Trademark Office, merinci sebuah sistem dimana pemegang hak cipta dapat mengatur pembatasan materinya untuk dijual kembali, seperti harga minimum dan batas waktu.

Menurut arstechnica.com, aplikasi ini berbunyi: "Sebagai bagian dari perubahan hak akses, pengalih dapat membayar untuk mendapatkan akses ke item konten digital."

"Sebagian hasil dari 'dijual kembali' bisa diberikan kepada pencipta atau publisher item konten digital dan/atau entitas yang awalnya menjual item konten digital itu kepada pemilik aslinya."
Sistem ini akan mencakup informasi pengguna yang tertanam mengenai pemilik masing-masing sehingga ketika produk yang dijual kepada pemilik sebelumnya tidak lagi memiliki akses.
 
 
 
 
 
 
 
references by http://adf.ly/KdNYI
 

 
Like us on Facebook