March 14, 2013

Layanan Google Reader Pensiun Pada Juli 2013


 http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/6/64/Google_Reader_logo.png/200px-Google_Reader_logo.png

Google mengejutkan banyak pengguna internet saat mengumumkan akan menutup Google Reader pada 1 Juli mendatang.

 

Google Reader memang belum begitu banyak diakses baik di desktop maupun di perangkat mobile, akan tetapi, keputusan ini berpengaruh kepada pemilik akun di layanan penyimpanan dokumen itu.

Dilansir Technologytell, Rabu (13/3/2013), Google Reader merupakan satu dari sekian banyak layanan Google yang akan pensiun dari situs layanan pencarian terbesar di dunia pada musim semi.

Beberapa layanan lain yang juga akan pensiun yaitu Google Voice di BlackBerry, Snapseed Desktop untuk Mac dan Windows, Google Cloud Connect, Google Building Maker, dan Search API for Shopping.

Bagi Anda pengguna layanan Google Reader ada baiknya mulai mencari alternatif pengganti layanan tersebut. Sementara itu untuk mengamankan data-data di akun Google Reader,  Anda bisa men-download semua data yang tersimpan ke Google Takeout. Termasuk di antaranya, daftar teman, postingan, note dan lainnya.

Menurut Financial Post, Google Reader merupakan aplikasi web Google yang dapat menghubungkan Really Simple Sundicarion (RSS) Feed dari seluruh situs. Meskipun RSS tidak populer sejak peluncurannya pada awal 2000-an, tetapi masih sejumlah jurnalis dan entitas media online kerap menggunakan layanan milik Google itu.

3 Kemungkinan penyebab Google Reader ditutup


Google umumkan bahwa per tanggal 1 Juli 2013 nanti, mereka akan menutup salah satu layanan populernya yaitu Google Reader. Sayangnya, Google tidak menjelaskan alasan penutupan tersebut.

Pada bulan September 2011 lalu, Google pernah menjelaskan melalui blog resminya bahwa beberapa bulan ke depan, mereka akan menutup banyak layanan atau produknya dan menggabungkan beberapa di antaranya dengan produk baru.

Nampaknya hal tersebut terbukti dengan rencana penutupan Google Reader. Beberapa spekulasi beredar bahwa Google Reader kemungkinan akan dilebur menjadi satu dengan Google Currents.

Memang, sampai saat ini, Google hanya memberikan notifikasi pop-up saja untuk rencana penutupan produk yang banyak digunakan oleh pengguna internet tersebut.

Apabila coba dianalisis dari apa yang telah dituliskan mereka di blog resminya, kemungkinan alasan penutupan Google Reader adalah;
  • Di era yang teknologinya sangat cepat berubah ini, semua orang juga dipastikan ingin perubahan yang berarti. Oleh karenanya, Google coba menawarkan produk baru yang support akan teknologi sekarang ini
  • Google Reader adalah salah satu produk lama Google. Untuk mendukung kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kemungkinan Google coba mengintegerasikan dan membuat produk sejenis seperti Google Reader dengan kemampuan dan tampilan yang lebih fresh
  • Tentunya sebagai sebuah perusahaan, Google juga menginginkan pendapatan dari setiap produk yang ditawarkan. Selama ini, Google memanfaatkan pendapatan dari segi iklan. Dari pelbagai produk tersebut, Google Reader adalah salah satu layanan yang tidak disisipi iklan sama sekali. Oleh karenanya, mungkin karena dirasa tidak terlalu menguntungkan, Google akan menutupnya
Memang 3 alasan di atas masih terlalu prematur untuk dijadikan sebagai alasan kenapa Google akan menghentikan pengoperasian Google Reader beberapa bulan ke depan.

So, dua pertanyaan yang muncul saat ini, menurut Anda, kenapa Google menutup layanan Google Readernya dan setujukah Anda akan penutupan layanan tersebut?














references by  http://adf.ly/KoYPP, http://adf.ly/KoYTP

 
Like us on Facebook