MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

March 7, 2013

Tips Cara Merawat Gigi Pada Anak Kecil

Baca Artikel Lainnya

Anak-anak menyukai cokelat, es krim, kue, permen, dan berbagai makanan manis lainnya. Meskipun sudah dilarang, terkadang tangisan dan rengekan bisa membuat orang tua justru mengizinkan.

http://content.everydayhealth.com/wte3.0/gcms/Food-Choices-for-Your-Toddler-Teeth-01-pg-full.jpg




Konsumsi makanan manis yang berlebihan akan menjadi masalah pada gigi mereka. Sebelum sakit gigi menyerang anak, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Pastikan agar anak menyikat gigi dua kali sehari
Menyikat gigi minimal dua kali sehari adalah salah satu tips yang paling penting dalam perawatan gigi. Ini merupakan pelajaran penting bagi setiap anak. Sebagai motivasi, sebaiknya ajak anak untuk menggosok gigi bersama. Berikan contoh dan teknik yang tepat, sehingga pada akhirnya mereka akan terbiasa menjaga kebersihan giginya.

2. Pilih sikat gigi yang tepat untuk anak Anda
Sangat penting untuk memilih sikat gigi yang baik bagi anak Anda. Anda dapat membeli sikat gigi yang memiliki bentuk kepala bulat dan bulu lembut. Sikat gigi tersebut akan menghilangkan plak dan partikel makanan dari gigi tanpa merusak enamel atau gusi. Ganti sikap gigi mereka setidaknya sebulan bulan sekali.

3. Perhatikan pola makan anak
Kesehatan gigi anak Anda tergantung pada jenis makanan dan minuman yang ia konsumsi. Anda harus menyertakan buah-buahan dan sayuran dalam diet anak Anda. Plak dan perubahan warna gigi terjadi ketika mulut mengonsumsi gula terlalu sering. Hal ini menciptakan bakteri dan asam yang merusak gusi. Anda harus mencegah anak dari konsumsi kafein yang terlalu banyak.

4. Kunjungi dokter gigi secara teratur
Anak-anak maupun orang dewasa cenderung menghindari mengunjungi dokter gigi. Orang-orang menghindari mengunjungi dokter gigi karena mereka takut dengan alat-alat yang digunakan. untuk itu, berikan pengertian pada anak mengenai apa saja manfaat dari pemeriksaan gigi, sehingga mereka tidak akan takut saat kunjungan rutin. Lakukan pemeriksaan minimal enam bulan sekali.

 http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2013/02/03/article-2272995-17541B35000005DC-191_634x816.jpg







references
images by dailymail.co.uk, everydayhealth.com

 
Like us on Facebook