April 6, 2013

6 April Gerhana Matahari Pertama yang Dicatat Orang Yunani Kuno

Hari ini, ribuan tahun lalu tepatnya 648 SM, orang Yunani Kuno terpukau dengan fenomena alam yang terjadi yaitu gerhana Matahari. Mereka kemudian mencatat fenomena ini dan kemudian menjadi rujukan banyak ilmuwan saat melihat dan mengukur matahari.

http://sepung.blogdetik.com/files/2011/06/gerhana-cincin.jpg

 
Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: gerhana Matahari total, gerhana Matahari sebagian, dan gerhana Matahari cincin.

Sebuah gerhana Matahari dikatakan sebagai gerhana total apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Gerhana Matahari tidak dapat berlangsung melebihi 7 menit 40 detik. Ketika gerhana Matahari, orang dilarang melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan. Ketika gerhana matahari dan bulan sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana.

 http://2.bp.blogspot.com/-D8kfWx1r7aw/T9gEow1LR3I/AAAAAAAAASM/Gr6s6xJGARs/s1600/Gerhana-Bulan.jpg









references by  http://adf.ly/MNxHk

 
Like us on Facebook